Jelang Deklarasi Koalisi, Ketua PKB Sulsel: Gerindra Selalu Kalah, PKB Menang Terus

| 28 Jul 2022 12:59
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Dok. Muhaimin Iskandar)

ERA.id - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Sulsel, Azhar Arsyad menanggapi soal rencana koalisi Gerindra bersama PKB untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Azhar mengatakan bahwa, langkah yang diputuskan oleh DPP PKB untuk berkoalisi dengan Gerindra adalah perdana dilakukan. Pasalnya, kata dia, selama pegelaran pemilu yang telah dilakukan sebanyak empat kali, Gerindra dan PKB sering berseberangan.

Meski begitu, keputusan berkoalisi tersebut sudah melalui perbincangan kepada seluruh kader DPW Gerindra dan PKB. "Kami semua sudah ketemu bersama seluruh ketua DPW PKB dan Gerindra. Koalisi ini pertama dilakukan, karena empat kali pemilu tidak pernah berkoalisi. Hasilnya, PKB selalu menang dan Gerindra selalu kalah. Setiap konstetasi," ungkap Azhar Arsyad saat diwawancara ERA di Kantor DPRD Provinsi Sulsel, Kamis (28/7/2022).

Oleh karena itu, yang mesti dilakukan untuk saat ini ialah membangun chemistry. "Karena memang sebenarnya PKB dan Gerindra tidak punya sejarah berkoalisi. Supaya chemistry ketemu inilah, dibangun dari bawah. Bukan hanya dari atas," tuturnya.

Azhar juga mengaku bersyukur jika koalisi tersebut sampai pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). "Kalau bisa sampai pilkada yaa lebih bagus lagi. Karena sebenarnya koalisi adalah cara-cara sehat membangun demokrasi. Semakin cepat, semakin sehat. Karena sebagai lembaga yang mengelola lahirmya pemimpin nasional parpol punya kepentingan memastikan proses lebih baik," jelas Azhar.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra sedang menyusun Piagam Deklarasi Koalisi. Diketahui kedua partai tersebut sepakat membangun kerja sama pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Deklarasi koalisi PKB-Gerindra rencananya akan digelar menjelang perayaan HUT RI pada 17 Agustus mendatang.

Piagam Deklarasi Koalisi itu disusun oleh elite PKB dan Gerindra di Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo.

Sedangkan dari PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

Rekomendasi