5 Jenis Celana Pria untuk Tampil Keren Zaman Sekarang

| 28 Aug 2022 12:06
5 Jenis Celana Pria untuk Tampil Keren Zaman Sekarang
Jenis celana pria skinny fit (unsplash)

ERA.id - Tampil keren di depan teman-taman atau gadis impian tak cukup mengandalkan baju mahal. Celana yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan. Ada banyak jenis celana pria di dunia ini. Anda perlu tahu jenis mana yang cocok dan bisa menunjang penampilan.

Namun, tak sedikit pria yang masih bingung atau bahkan tidak tahu-menahu soal jenis celana. Parahnya, ada pula yang tak peduli, asal melihat celana bagus langsung dibeli. Akhirnya, kadang celana tersebut tak pernah terpakai karena kurang sesuai dengan situasi atau baju yang dimiliki.

Pengetahuan soal celana perlu Anda ketahui agar bisa tampil keren di kondisi apa pun. Kalau Anda ingin jalan dengan gebetan, doi juga tidak akan malu saat Anda menggunakan celana yang menunjang penampilan. Padu padan atau mix and match juga tergantung dengan jenis celana yang Anda miliki. Nah, agar tidak terlihat wagu dalam berpenampilan, berikut ini beberapa jenis celana pria yang perlu Anda tahu.

Berbagai Jenis Celana Pria dengan Gaya Masing-Masing

Celana Formal

Kita mulai dari yang paling kaku atau resmi. Jenis celana ini bisa Anda gunakan utnuk mendapatkan tampilan yang formal dan profesional. Celana ini berukuran panjang. Anda bisa menggunakannya untuk ke kantor, kondangan, dan melamar CPNS. Celana ini sangat cocok dipadukan dengan jas dan kemeja formal.

Jenis celana pria formal (unsplash)

Jenis celana pria ini umumnya dibuat dari bahan drill bertekstur halus dan mudah menyerap keringat. Selain itu, ada pula celana yang terbuat dari bahan semi wool, silk wool (shining), corduroy, dan polyester.

Jenis potongannya bisa bermacam-macam. Jika ingin tampil dengan sangat resmi dan tidak neko-neko, Anda bisa memilih celana dengan cutting regular fit. Jika ingin terlihat agak santai, Anda bisa memilih skinny fit atau slimfit.

Celana Skinny Fit

Loh, kok mirip dengan sebelumnya? Bisa dibilang, tadi adalah perpaduan dari celana formal dengan gaya santai. Nah, kalau ini adalah celana yang memang lebih santai.

Celana panjang berpotongan skinny biasanya terbuat dari bahan jin yang stretch atau melar dan melekat ketat di kaki saat digunakan. Celana ini akan membuat kaki Anda terlihat lebih jenjang dan kurus. Namun, saku dari celana ini biasanya sempit. Untuk memasukkan tangan saat mengambil uang pun kadang susah. Celana ini bisa dipadukan dengan kaus (t-shirt) atau kemeja yang lengannya digulung hingga siku.

Celana Cargo

Celana ini ada yang berukuran pendek ada yang panajng. Ciri dari celana cargo adalah berkantong banyak dan terbuat dari bahan yang cukup tebal. Dahulu, celana ini identik dengan pecinta alam atau pendaki gunung sebab memang cocok untuk naik gunung.

Jenis celana pria cargo (unsplash)

Namun sebelum itu, sebenarnya celana ini juga sering digunakan oleh anggota militer. Seiring berjalannya waktu, celana ini digunakan untuk berbagai situasi santai.

Celana cargo bisa membuat Anda terlihat macho dan adventurous. Anda juga bisa memasukkan berbagai barang di masing-masing kantong karena ada cukup banyak kantong dengan ukuran yang cukup besar.

Celana Jogger

Celana ini menjadi trend pada awal 2017-an. Celana berukuran panjang ini asyik untuk bersantai, olahraga, atau menongkrong. Bahannya biasa adalah katun. Cutting dari celana ini longgar pada area pinggang dan paha. Bagian pinggang dari celana terbuat dari karet.

Ada beberapa jenis celana jogger—meski sebenarnya mirip—antara lain sporty jogger yang asyik untu olahraga, smart jogger yang lebih kasual dan slim, everyday jogger yang cocok untuk aktivitas sehari-hari, dan lounge jogger yang lebih longgar dan enak untuk bersantai di rumah.

Celana Boot Cut

Celana panjang ini juga dikenal dengan nama celana cutbray. Jenis celana pria ini punya potongan yang pas pada area paha kemudian melebar pada bagian bawah. Ini adalah celana yang sempat menjadi trend pada tahun 1970-an, kemudian terangkat lagi beberapa tahun belakangan.

Bentuk celana ini A-line dan cocok untuk Anda yang menyukai gaya retro. Jenis celana pria ini cocok untuk semua tipe badan, baik yang tinggi kurus maupun gemuk.

Rekomendasi