Citayam Fashion Week Menghilang, Sandiaga Uno Ungkap Alasan Jadi Fenomena Sesaat

| 22 Feb 2023 15:50
Citayam Fashion Week Menghilang, Sandiaga Uno Ungkap Alasan Jadi Fenomena Sesaat
Sandiaga Uno (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Fenomena Citayam Fashion Week yang sempat booming di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, kini telah tiada. Kini, kawasan tersebut sudah tak ramai seperti beberapa waktu terakhir.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengungkapkan penyebab Citayam Fashion Week menghilang dan cepat redup.  Sebelumnya, ia mengakui bahwa Citayam Fashion Week sangat populer di tahun lalu.

Sandiaga Uno (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Sandiaga Uno (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

"Tahun lalu apa yang paling viral dari fashion? Saya mencatat paling viral adalah Citayam Fashion Week," kata Sandiaga Uno, saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jl. Gatot Subroto, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (22/2/2023).

"Dan itu sebagai bentuk demokratisasi daripada teman-teman masyarakat yang ada dilapisan ekonomi menengah ke bawah ingin juga tampil," lanjutnya.

Suami Nur Asia ini memuji fenomena Citayam Fashion Week yang pernah viral ditahun 2022. Apalagi, ketenaran Citayam Fashion Week diketahui sampai seluruh Indonesia.

IFW 2023 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
IFW 2023 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

"Belum sempat tampil di indonesia fashion week tapi sudah menciptakan demam berjalan di catwalk. Dan itu dilakukan oleh Citayam Fashion Week dan menjamur dimana-mana sampai seluruh daerah di Indonesia," jelasnya.

Pria berusia 53 tahun ini merasa redupnya Citayam Fashion Week lantaran tidak ada pergelaran fashion show dan tidak meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Sehingga, hal ini hanya jadi fenomena sesaat.

"Saya mengingatkan agar meningkatkan SDM. Kalau tidak meningkatkan SDM, maka jadi fenomena sesaat dan tidak bisa bertahan," katanya.

Maka dari itu, Sandiaga Uno memberikan dukungan penuh pergelaran acara fashion show IFW 2023 yang sudah bertahan selama 10 tahun. 

"IFW bertahan 10 tahun karena membangun SDM dan ekosistem yang kuat," tambahnya.

Rekomendasi