IFW 2024 Siap Digelar, Angkat Keindahan Budaya dan Wastra Betawi

| 22 Feb 2024 12:05
IFW 2024 Siap Digelar, Angkat Keindahan Budaya dan Wastra Betawi
Deretan model di Indonesia Fashion Week 2024 (Era.id / Dinno Baskoro)

ERA.id - Gelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 siap digelar pada 27 Maret hingga 31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Ratusan desainer dan peserta pameran bakal terlibat dalam pekan mode paling bergengsi di Indonesia ini. 

Setelah tahun sebelumnya mengangkat keindahan wastra dan budaya Gorontalo, di tahun ini budaya dan wastra khas Betawi yang diangkat sebagai tema utama dalam tajuk "Langgam Jakarta Teranyam".

Tema tersebut diambil sebagai bentuk apresiasi terhadap kaleidoskop budaya Betawi. 

"Betawi itu termasuk salah satu melting pot-nya berbagai unsur budaya. Ada perpaduan tradisi Melayu, Tiongkok, Arab hingga Eropa. Esensi persatuan dan kebhinekaan itulah yang akan ditonjolkan melalui fesyen."

"Lewat tema 'Langgam Jakarta Teranyam' IFW 2024 coba menangkap esensi persatuan dan kebhinekaan melalui kacamata mode," kata Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono dalam konferensi pers #RoadtoIFW2024 di Jakarta, baru-baru ini.

IFW 2024 akan menampilkan banyak tekstil tradisional yang motifnya terinspirasi dari batik Melayu, sulaman sutra khas Tiongkok, desain geometris Arab, dan dinamisnya kota Metropolitan. 

Semua itu menyatu untuk menciptakan perpaduan unik yang membentuk ciri khas budaya DKI Jakarta. Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan IFW 2024. 

Sebagai salah satu event besar pada sektor fesyen, IFW memiliki misi strategis dalam mengembangkan pelaku sektor fashion untuk selalu memperhatikan kualitas desain tanpa meninggalkan budaya. 

"Budaya yang menjadi unsur pembeda, unsur yang dapat menarik konsumen, harus selalu menjadi pemicu kreativitas."

"Budaya Betawi merupakan hasil akulturasi berbagai budaya yang dibawa pendatang, merupakan 'keunikan' yang dapat dimanfaatkan oleh sektor fesyen," jelas Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.

Tahun ini, sekiranya bakal ada 250 desainer yang tampil di 20 peragaam busana yang disediakan. Sementara itu, para penikmat fesyen juga bisa membeli hasil karya produk lokal dengan tersedianya 400 hingga 500 sentra butik, gelaran trunk show hingga spot kuliner. 

Mendorong kreativitas desainer muda 

Dalam hal ini, Poppy mendorong para perancang muda untuk menjadikan budaya Betawi sebagai inspirasi serta membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan usaha fesyen berkelanjutan. 

"Generasi muda adalah kekuatan kreatif yang membentuk masa depan. Saya ingin mengajak kita semua bersatu, berkolaborasi, dan berinovasi dalam menciptakan tren fesyen yang tidak hanya memikat mata, tapi juga ramah lingkungan," katanya.

Ia menambahkan, generasi muda bisa menjadikan pengalaman generasi terdahulu dalam mengembangkan usaha fesyen sebagai referensi dalam berinovasi.

Poppy berharap pelaksanaan IFW 2024 dapat mendorong pengembangan usaha kreatif berbasis budaya yang berkelanjutan serta meningkatkan industri pariwisata DKI Jakarta.

Dengan digelarnya Indonesia Fashion Week 2024, kesempatan ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para desainer mode Indonesia untuk menunjukkan hasil karya terbaiknya agar semakin dikenal di masyarakat luas, khususnya untuk para peminat fashion. 

Di tahun ini, IFW 2024 mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Bank BTN Prioritas hingga Tokopedia untuk tetap mendukung perkembangan dunia fashion di Tanah Air, serta semakin memperkenalkan brand lokal hingga UMKM yang tidak kalah kualitasnya dengan brand-brand fashion yang telah mendunia. 

Acara dihadiri oleh pecinta mode, perancang busana, model, influencer, dan juga rekan-rekan media. Peluncuran ini akan menjadi pertama kalinya tema dan video kampanye IFW 2024 ditayangkan secara publik sebagai bentuk rangkaian aktivasi menuju Road to IFW 2024

Rekomendasi