IFW 2024 Tampilkan Lebih dari 300 Desainer dan 400 Brand Lokal

| 27 Mar 2024 20:50
IFW 2024 Tampilkan Lebih dari 300 Desainer dan 400 Brand Lokal
Indonesia Fashion Week 2024 (ERA.ID / Dinno Baskoro)

ERA.id - Salah satu pekan mode bergengsi di Indonesia, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024, resmi digelar di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini, Rabu (27/3/2024). 

Tema IFW 2024 yang digelar pada 27-31 Maret 2024 adalah 'Langgam Jakarta Teranyam'. Melalui tema ini, APPMI ingin mengangkat keberagaman budaya Betawi dalam pesona seni dan mode kontemporer. 

Poppy Dharsono selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sekaligus  President IFW mengatakan, dalam gelaran IFW 2024 ada lebih dari 300 desainer menampilkan koleksi fesyen terbaik mereka di runway. 

Mereka di antaranya adalah Adah Mode, Adith, Ayu Gani - Batik Sulawesi Istinana, Ian Adrian, Poppy Dharsono, Mimi Nasution, Riki Damanik dan lain sebagainya. 

Hadir pula desainer dari negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, IFW 2024 juga mengedepankan keindahan wastra Nusantara yang menjadi highlight utamanya. 

Tahun ini, ada banyak tekstil tradisional hingga motif yang terinspirasi dari batik Melayu, sulaman sutra khas Tiongkok, desain geometeris Arab hingga berbagai siluet yang dinamis khas kota Metropolitan. 

Dukungan penuh untuk industri fesyen Tanah Air

Indonesia Fashion Week 2024
IFW 2024 (ERA.ID / Dinno Baskoro)

IFW 2024 juga diramaikan oleh 400 exhibitor alias brand lokal yang menampilkan karya mode maupun kriya dari berbagai daerah di spot yang sudah disediakan.

Beberapa di antaranya merupakan pihak yang tergabung dalam Dekranasda Nasional. 

"Target pengunjung IFW 2024 dari 27 hingga 31 Maret 2024 sebanyak 100.000 orang, dengan total transaksi Rp60 miliar," ungkap Poppy Dharsono. 

Sebagai wadah terbesar untuk ekosistem fashion di Indonesia ingin memberikan platform kepada para pelaku sektor industri fesyen di Tanah Air. 

Dengan kolaborasi dari berbagai pihak, APPMI berharap dapat memberikan dampak yang lebih besar dan lebih baik kepada seluruh peserta yang terlibat di IFW 2024.  

"Kehadiran masing-masing pihak ini sangat berperan penting untuk memaksimalkan kesuksesan dari pekan mode terbesar di Indonesia". 

"Adanya dukungan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI JAKARTA membantu kami dalam konsep kreatif, komunikasi, dan pelaksanaan IFW 2024," kata Poppy.  

Sementara itu, Tokopedia hadir di IFW 2024 selain sebagai official co-host, juga official e-commerce, e-ticketing, dan livestream partner. 

Platform belanja online yang satu ini juga hadir dengan area khusus yaitu Tokopedia Fashion Market dengan membawa 62 brand fesyen baru ke dalam ekosistem IFW. 

"Kami terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan termasuk akan produk fesyen, sekaligus memberikan penggung lebih luas kepada pelaku industri fesyen tanah air agar makin menjadi pilihan masyarakat," kata Vivi Kosidin, Fashion Category Development Senior Lead Tokopedia. 

"Di IFW 2024, kami menghadirkan Tokopedia Fashion Market– bazar offline di Cendrawasih Hall JCC yang masih merupakan bagian IFW 2024–dengan menghadirkan sederet brand lokal fesyen muslim, perempuan, pria maupun anak," tambah Vivi. 

Dalam mendukung perkembangan industri fesyen di Tanah Air, IFW 2024 juga didukung oleh Bank BTN Prioritas. 

Dukungan Bank BTN Prioritas pada IFW 2024 merupakan salah satu upaya membantu meningkatkan perkembangan dunia fashion di Tanah Air, juga untuk semakin memperkenalkan brand-brand fashion lokal yang tidak kalah dengan brand-brand fashion yang telah mendunia.

“Kami di IFW 2024 sebagai official bank partner dan ini kali pertama kami berkolaborasi dengan IFW,” ujar Meru Arumdalu selaku Head of Wealth Management Division. 

Rekomendasi