Mulan Tayang Lebih Dulu di Disney Plus September Mendatang

Tim Editor

Cuplikan film Mulan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Setelah berbagai macam penundaan penayangan hingga hilangnya jadwal tayang Mulan dari kalender Disney, akhirnya film Mulan resmi tayang di Disney Plus. 

Keputusan ini dipilih oleh Bob Chapek, CEO Disney ditengah pandemi yang masih melanda Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya. Sehingga pihaknya memutuskan mengambil langkah itu dan berencana menayangkannya di Disney Plus 4 September 2020. 

Bagi para pelanggan Disney Plus nantinya harus mergoh kocek sekitar 29,99 dolar AS atau Rp435.000. Bukan cuma itu aja, penayangan Mulan di Disney Plus ini juga khusus bagi pelanggan premium. 

"Kami senang membawa Mulan ke platform konsumen yang sudah menunggunya karena kami harus memindahkan jadwal (rilis) beberapa kali," kata Bob Chapek, dikutip Deadline, Rabu (5/8/2020). 

Pihak Disney menyadari biaya yang cukup besar ini terpaksa harus mereka atur sedemikian rupa demi menghindari pembajakan maupun spoiler film. Tetapi perlu diingat Mulan hanya akan tersedia di beberapa negara yang memiliki akses Disney Plus saja, seperti Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan sejumlah negara yang tersedia layanan Disney Plus. 

Selain itu Bob juga membantah keputusan ini sebagai bisnis baru dan ladang penghasilan yang bisa dia dapat ditengah pandemi. Menurutnya hal ini juga masih dalam tahap uji coba dengan berbagai pertimbangan penting. 

Lalu bagaimana dengan negara yang belum tersedia layanan streaming Disney itu? Tenang pihak Disney memastikan film Mulan bakal tayang langsung di bioskop jika sudah mendapat izin penayangan. 

Film Mulan pada awalnya diagendakan tayang pada 27 Maret 2020. Bahkan menyambut premiernya di bioskop, Disney sudah menyiapkan red carpet yang mewah di Dolby Theater di Los Angels pada 9 Maret 2020. Tetapi beberapa hari kemudian muncul kebijakan atas penutupan bioskop di Amerika Serikat keluar. 

Jadwal penayangannya pun mundur ke 21 Agustus 2020 setelah gagal premier sesuai jadwal yang ditetapkan. Namun pada 23 Juli 2020 Disney memutuskan untuk menghilangkan Mulan dari kalender tayang. 

Padahal jika film Mulan ini berhasil tayang premier di bioskop, film ini akan jadi satu-satunya film yang banyak menampilkan aktor dari Asia, seperti Liu Yifei (Mulan), Tzi Ma (Ayah Mulan), Gong Li, dan masih banyak lagi yang sebenarnya semua pemain berasal dari Asia. 

Sementara itu biaya produksi yang dikeluarkan studio untuk film adaptasi ini menelan anggaran hingga 200 juta dolar AS dan belum termasuk biaya-biaya promosi lainnya.

Tag: film film western

Bagikan :