Mengingat Kembali Inspektur Vijay dan Tuan Takur

| 04 Sep 2020 10:15
Mengingat Kembali Inspektur Vijay dan Tuan Takur
Amrish Puri (Youtube Bollywood)

ERA.id - Dua ikon film India yang mudah diingat anak-anak 90-an adalah Inspektur Vijay dan Tuan Takur. Kalau tidak percaya, coba saja tanya seseorang yang sudah berumur 30 atau 40-an.

Tanpa perlu panjang lebar, mari kita kenali:

Tuan Takur

Tuan Takur karib dikenal di India sebagai gelar seorang raja. Namanya sebutannya Thakur atau Thakkar yang bermakna tuan, dewa atau empu, sebuah gelar yang diberikan untuk penguasa di beberapa negara kepangeranan. Gelar ini banyak disandang oleh keluarga raja di Bengal dan India Bagian Selatan.

Tuan Takur juga identik dengan sosok penguasa yang lalim dalam filmnya. Thakur biasanya menarik upeti dari rakyat yang menggunakan tanah kekuasaannya yang disebut Thakurat atau Thikana.

Sekadar diketahui, sosok Tuan Takur dimasukkan dalam film untuk mengkritik sistem pemerintahan di India pada awal tahun 1970-an sampai 1980-an. Tuan Takur hadir untuk menyinggung korupsi, kelaparan, dan keadaan sosial politik amburadul di India. 

Tuan Takur menjadi dikenal masyarakat setelah filmnya yang berjudul Naseeb dan Shakti di awal 1980an laris di pasaran. Saat itu, Tuan Takur yang diperankan Amrish Puri menjadi lawan main Amitabh Bachchan.

Ada baik dan ada jahat. Tuan Takur turut memberi panggung untuk Inspektur Vijay dalam film Zanjeer tahun 1973. Di sana, Tuan Takur melawan polisi pembela kebenaran yang tidak bisa disuap bernama Inspektur Vijay.

Inspektur Vijay

Amitabh Bachan/New Indian Express

Tak ada Inspektur Vijay maka film India kurang sedap. Itu makanya, Inspektur Vijay tidak hanya hadir dalam satu film saja, melainkan ia ada dalam banyak film. Semakin hari, ia tidak lagi menjadi tokoh utama. Mungkin untuk penyegaran, ia tak jarang berperan menjadi sosok antagonis.

Inspektur Vijay sendiri pernah diperankan oleh Amitabh Bachchan, Mithun Chakraborty, Anil Kapoor, aktor senior Jagdish Raj Khurana, dan Ajay Devgan. Lewat Inspektur Vijay, orang mungkin tidak akan mengenali Amitabh.

Amitabh Bachchan ialah aktor pertama yang memerankan tokoh Inspektur Vijay dalam film Zanjeer pada tahun 1973. Amitabh berhasil membuat tokoh Inspektur Vijay meledak. Bahkan keberhasilan perannya, industri film India laris manis.

Sama seperti Tuan Takur, sosok Inspektur Vijay, jika dilihat dalam film Zanjeer (1973), dipakai untuk mengkritik pemerintah India, yang saat itu gagal menangani huru-hara politik.

Inspektur Vijay muncul dan menjadi simbol bagaimana seharusnya pemerintah bertindak. Di mana dalam membela kebenaran, ia haruslah tegas melawan ketidakadilan, dan berpihak pada masyarakat. Untuk hal ini, kita harus berterima kasih pada sutradara Salim-Javed.

Setelah Inspektur Vijay sudah ramai dibincangkan hampir di semua kelas sosial, Jagdish Raj Khurana menggantikan Amitabh untuk memerankan Inspektur Vijay. Hebatnya, Jagdish masuk Guiness World of Record sebagai aktor paling sering berperan menjadi polisi, termasuk tokoh Inspektur Vijay.

Jagdish berperan menjadi sosok polisi selama 33 tahun dalam kariernya di dunia perfilman. Setidaknya, sudah 144 judul film di mana ia berperan menjadi seorang polisi.

Rekomendasi