Star Trek Musim Ketiga Hadirkan Karakter Transgender dan Non Biner

| 04 Sep 2020 15:45
Star Trek Musim Ketiga Hadirkan Karakter Transgender dan Non Biner
Star Trek: Discovery memperkenalkan karakter transgender dan non-biner pertama. (Instagram/Star Tek)

ERA.id - Serial Star Trek musim ketiga, Star Trek: Discovery memperkenalkan karakter transgender dan non-biner pertamanya di franchise Star Trek sepanjang sejarah. 

Melansir dari laman startrek.com, karakter non-biner pertama di alam semesta Star Trek adalah Adira, yang akan diperankan oleh Blu del Barrio. Karakter Adira ini akan digambarkan sebagai sosok yang cerdas dan percaya diri. 

Karakter Adira yang diperankan oleh Blu ini nantinya akan mempunyai hubungan erat dengan Letnan Komandan Paul Stamets (Anthony Rapp) dan Dr. Hugh Culber (Wilson Cruz). 

Sedangkan karakter transgender pertama di alam semesta Star Trek ialah Ian Alexander yang akan memerankan karakter bernama Gray. Gray sendiri nantinya akan dibentuk dengan karakter yang hangat, berempati, dan gigih dalam menggapai impiannya. 

“Star Trek selalu membuat misi untuk memberikan visibilitas kepada komunitas yang kurang terwakili karena percaya dalam menunjukkan kepada orang-orang bahwa masa depan tanpa perpecahan atas dasar ras, jenis kelamin, identitas gender atau orientasi seksual sepenuhnya berada dalam jangkauan kami,” kata Michelle Paradise, Eksekutif Produser Star Trek: Discovery, dikutip laman resmi Star Trek, Jumat (4/9/2020). 

Gender non-biner sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mewakili sekelompok orang dengan identitas gender tanpa spesifik, pria atau wanita. 

Blu del Barrio sendiri lebih memilih non-biner sebagai identitas yang mewakilinya. Saat mengikuti audisi karakter Adira, Barrio diketahui sedang mengikuti tahun terakhirnya di London Academy of Music and Dramatic Art.

Dia sendiri pertama kali menyentuh dunia akting lewat teater dan sejumlah film pendek saat umurnya 7 tahun. Sedangkan Ian Alexander sebelumnya dikenal lewat perannya sebagai Buck Vu di serial Netflix, The OA. 

Keduanya merupakan keturunan Asia-Amerika transgender pertama yang debut di televisi. Mereka juga tercatat sebagai pendukung dari kesetaraan gender, keadilan rasial, dan kesadaran kesehatan mental bagi remaja LGBTQ .

“Kami bangga bekerja sama dengan Blu del Barrio, Ian Alexander, dan Nick Adams di GLAAD untuk menciptakan karakter Adira dan Gray yang luar biasa, dan menghidupkan kisah mereka dengan empati, pengertian, pemberdayaan, dan kegembiraan,” ungkap Paradise. 

Musim ketiga dari serial Star Trek: Discovery ini rencananya akan tayang pada 15 Oktober 2020. Nantinya penayangan 13 episode serial ini bisa dilihat di hari Kamis setiap minggunya melalui CBS All Access di Amerika Serikat.

Rekomendasi