Sambut HUT ke-76 RI, 4 Rekomendasi Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Ditonton

| 16 Aug 2021 20:35
Sambut HUT ke-76 RI, 4 Rekomendasi Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang Wajib Ditonton
Film Kartini (Foto: IG @kartinifilm)

ERA.id - Dalam hitungan jam, kita akan menyambut HUT ke-76 RI kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2021 nanti. Perayaan tahunan ini biasanya dihabiskan dengan diadakannya berbagai perlombaan seru di setiap daerah.

Namun, keadaan yang masih pandemi COVID-19 tak memungkinkan masyarakat merayakan HUT ke-76 RI dengan perlombaan yang bisa menyebabkan kerumunan. Untuk itu, tim Era.ID sudah merangkum rekomendasi film tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton bersama keluarga saat momen ulang tahun kemerdekaan Indonesia besok.

1. Merah Putih

Merah Putih merupakan film tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dirilis pada tahun 2009 silam. Film ini merupakan bagian pertama dari trilogi rangkaian film bertajuk Trilogi Merdeka.

Dibintangi oleh Lukman Sardi hingga Darius Sinathyra film ini mengambil latar waktu tahun 1947, saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I di pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah. Sekelompok karakter fiktif yang diceritakan sebagai pejuang menjalin kerja sama dan selamat dari pembantaian tentara Belanda.

Mereka diceritakan akan berperang sebagai tentara secara gerilya di pedalaman. Perjuangan mereka akan diwarnai dengan konflik akan perbedaan sifat, status sosial, etnis, budaya, hingga agama.

2. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film selanjutnya adalah film berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka. Film ini mengangkat kisah kehidupan Presiden Pertama RI, Soekarno. Film ini bercerita tentang masa kecil Soekarno yang awalnya lahir dengan nama Kusno, namun karena sering sakit diganti oleh ayahnya menjadi nama Soekarno.

Dengan nama tersebut, besar harapan orang tuanya untuk dia menjadi seorang ksatria atau tokoh pahlawan. Harapan itu terpenuhi ketika ia dewasa mulai berani bersuara dan mengambil tindakan untuk kemerdekaan Indonesia.

Tak cuma menceritakan perjuangan Soekarno untuk kemerdekaan Indonesia, film ini juga mengangkat kisah cinta Soekarno dengan Fatmawati yang menjadi pemanis di film ini.

3. Kartini

Siapa yang tak mengenal sosok Kartini, tokoh perjuangan emansipasi wanita Indonesia? Nah, di film ini akan mengangkat kisah hidup dan perjuangan Kartini untuk menegakkan hak-hak kesetaraan untuk perempuan pada zaman dulu.

Pada film yang dirilis tahun 2017 ini akan bercerita tentang biografi R.A. Kartini dalam perjuangannya melawan penjajah lewat emansipasi wanita. Mulai dari mendirikan sekolah khusus wanita dan untuk orang kurang mampu, hingga menuangkan ide-ide pembaruan yang lebih baik di masyarakat.

4. Jenderal Soedirman

Film yang satu ini menceritakan perjuangan Jenderal Soedirman, pemimpin perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Jenderal Seodirman harus memimpin perang gerilya selama 7 bulan di tengah sakit paru-parunya yang berat untuk mempertahankan kemerdekaan, karena Soekarno-Hatta ditangkap dan diasingkan Belanda ke Pulau Bangka.

Film ini tayang pada tahun 2015 lalu, tepat sepuluh hari setelah peringatan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Rekomendasi