Suasana Peringatan Detik-detik Proklamasi di Medan, Sirine Bunyi Serentak di Sejumlah Titik

| 17 Aug 2021 13:45
Suasana Peringatan Detik-detik Proklamasi di Medan, Sirine Bunyi Serentak di Sejumlah Titik
Detik-detik memperingati proklamasi di Kota Medan (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Hari ini seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke sedang bersuka cita merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76 yakni 17 Agustus 2021.

Di Kota Medan, perayaan hari ulang tahun (HUT) RI digelar secara sederhana, tidak seperti biasa lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19. Selain menggelar upacara, detik-detik proklamasi diperingati dengan membunyikan sirine secara serentak di beberapa titik.

Sirine dibunyikan di empat titik yakni di depan kantor Walikota Medan - kantor DPRD Kota Medan, Lapangan Merdeka, di depan Istana Maimun dan di Simpang Brayan Kota Medan. Sedangkan saat detik-detik peringatan proklamasi, personel satlantas menghentikan aktivitas pengguna jalan sejenak.

Seperti yang terpantau di persimpangan Pemuda. Puluhan kendaraan diberhentikan sejenak untuk memperingati detik-detik proklamasi. Sekitar 5 menit masyarakat berhenti dari aktivitasnya yang diikuti dengan bunyi sirine bersahutan dari setiap perempatan jalan.

Selain masyarakat umum, puluhan komunitas sepeda tua indonesia (Kosti) dengan sepeda onthel-nya memperingati saat proklamasi dibacakan oleh founding father bangsa Soekarno-Hatta, yang menandai kemerdekaan sekaligus penanda akan berakhirnya penjajahan di Republik Indonesia.

Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Medan, Asep Sabar Mustaqim mengatakan, mereka sengaja memperingati kemerdekaan dan detik-detik proklamasi di Simpang Pemuda.

"Memang setiap kemerdekaan kita selalu mengadakan konvoi untuk memperingati HUT RI. Hari ini kita konvoi dengan sepeda tua dan mengenakan berbagai pakaian adat yang bermakna simbol keberagaman Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, biasanya konvoi digelar lebih banyak, namun lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dibatasi. Kosti Medan berharap di HUT RI ke-76 Indonesia dapat bangkit dari kondisi pandemi.

"Selamat ulangtahun Indonesia ke-76 semoga semakin jaya dan segera bangkit dari kondisi pandemi ini," pungkasnya.

Rekomendasi