Daftar Dewan Juri FFI 2021, Ada Ernest Prakasa Hingga Joko Anwar

| 28 Oct 2021 10:00
Daftar Dewan Juri FFI 2021, Ada Ernest Prakasa Hingga Joko Anwar
Dewan juri akhir ffi 2021 (Dok: FFI 2021)

ERA.id - Festival Film Indonesia (FFI) 2021 resmi mengumumkan 28 nama dewan juri tahap akhir yang turut berpartisipasi di ajang FFI 2021. Ernest Prakasa hingga Joko Anwar didapuk sebagai dewan juri di ajang bergengsi bagi insan perfilman tanah air.

Menjelang acara FFI 2021, sebanyak 28 nama dewan juri akhirnya resmi diumumkan pada Rabu (27/10/2021). Nantinya dewan juri akhir ini akan terbagi ke dalam tiga kategori yaitu juri akhir film cerita panjang, juri akhir film non-cerita panjang, dan kritik film.

Penunjukan dewan juri akhir ini dipilih dari berbagai perwakilan ekosistem perfilman Indonesia dengan beragam latar belakang profesi. Mereka dipilih oleh Komite FFI 2021 berdasarkan masukan dan rekomendasi dari asosiasi.

Dewan juri akhir untuk film cerita panjang terdiri dari Allan Sebastian, Faozan Rizal, Aghi Narottama, Ernest Prakasa, Hikmat Darmawan, Arturo G.P, Karsono Hadi, Niniek L. Karim, Rukman Rosadi, Putut Widjanarko, Sheila Timothy, Wina Armada, Tommy F. Awuy, serta Joko Anwar.

Dewan juri akhir ffi 2021 (Dok: FFI 2021)
Dewan juri akhir ffi 2021 (Dok: FFI 2021)

Sementara untuk juri kategori film cerita pendek terdiri dari Budi Irwanto, Ajeng Prameswari, dan Edo Wulia. Lalu untuk juri film animasi panjang meliputi Daryl Wilson, Wahyu Aditya, dan Chandra Endroputro. Kemudian untuk juri film animasi pendek terdiri dari Ryan Adriandhy, Wahyu Aditya, dan Chandra Endroputro.

Bukan hanya itu saja, untuk kategori film dokumenter akan berada dibawah penjurian Dudit Widodo, Tonny Trimarsanto, dan Dwi Sujanti Nugraheni. Sedangkan untuk juri kritik film Sazkia Noor Anggraini, Hariyadi, dan Panji Wibowo.

Nantinya peran dari 28 dewan juri akhir ini akan menentukan satu pemenang dari seluruh nominasi yang sebelumnya sudah diumumkan beberapa waktu lalu.

Selain itu, FFI 2021 juga memiliki wajah baru yang ditunjuk sebagai Duta FFI 2021. Mereka adalah Prilly Latuconsina, Angga Yunanda, Jefri Nichol, dan Tissa Biani. Keempat duta FFI 2021 ini sebelumnya sudah menjalankan perannya dengan membacakan nominasi dari 23 kategori yang diperebutkan oleh insan perfilman Indonesia.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 akan digelar pada 10 November 2021, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pemilihan tanggal ini sengaja dilakukan untuk mendukung Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail.

Rekomendasi