Banyak Diikuti Negara-Negara di Asia, Apa Itu IeSF?

| 12 Dec 2022 22:05
Banyak Diikuti Negara-Negara di Asia, Apa Itu IeSF?
Apa itu IeSF (IeSF.org)

ERA.id - IeSF didirikan pada 8 Agustus 2008, oleh sembilan asosiasi esports dari Denmark, Korea Selatan, Jerman, Austria, Belgia, Belanda, Swiss, Vietnam, dan Taiwan. Lantas apa itu IeSf dan bagaimana sejarahnya?

IeSF merupakan Federasi Esports Internasional yang pertama kali mengadakan turnamen internasional (IeSF challenge) pada tahun 2009. Kemudian pada tahun 2010 diadakan "IeSF Grand Finals" dan "IeSF World Championship" pada tahun 2011.

Apa Itu IeSF? Berikut Sejarah dan Linimasanya

Salah satu tim Esport (Twitter)

Dilansir dari laman resmi IeSF, meskipun Esports bukanlah aktivitas fisik yang “jelas” seperti banyak olahraga tradisional, namun Esports cocok dengan semua kriteria olahraga yang ditetapkan oleh standar internasional.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam Esports, tetapi mereka yang benar-benar berbakat dengan bakat luar biasa dan komitmen untuk bekerja keras adalah mereka yang unggul.

Di seluruh dunia, pemerintah dan otoritas olahraga di tingkat nasional dan global mengakui Esports sebagai aktivitas olahraga kompetitif sejati. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan IeSF dalam 10 tahun terakhir.

●        Tahun 2012 adalah terobosan besar untuk esports dan IeSF, karena kejuaraan Dunia IeSF 2012 menghadirkan turnamen esports wanita untuk pertama kalinya.

●        Pada tanggal 7 Juli 2013, IeSF terpilih sebagai pendamping untuk disiplin olahraga elektronik Asian Indoor and Martial Arts Games ke-4. Langkah tersebut adalah terobosan besar bagi esports dan IeSF, karena cabang tersebut diperkenalkan di ajang Olimpiade untuk pertama kalinya.

●        Pada Mei 2013, IeSF disetujui sebagai penandatangan resmi Badan Anti-Doping Dunia di cabang e-Sports.

●        Pada bulan Juli 2013, IeSF mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Sport Accord, dan diharapkan akan disetujui sebagai anggota sementara pada bulan April 2014.

●        Pada bulan November 2013, IeSF menyaksikan peluncuran acaranya yang sukses di luar negeri, saat Kejuaraan Dunia IeSF 2013 dan Rapat Umum 2013 diadakan di kota Bukares, Rumania. Momen ini merupakan pertama kalinya acara IeSF diadakan di luar Korea Selatan. .

●        Pada bulan Mei 2014, IeSF disetujui keanggotaannya oleh TAFISA. IeSF akan diwakili di TAFISA World Games for All 2016, yang akan diselenggarakan di Jakarta.

●        Pada tahun 2014, IeSF membatasi pemain wanita untuk berpartisipasi dalam turnamen Hearthstone, sebagai bagian dari pembagian turnamen Kejuaraan Dunia menjadi bagian pria dan wanita. IeSF kemudian merevisi kebijakan tersebut, menyatukan bagian tersebut menjadi turnamen terbuka untuk semua genre sambil mempertahankan turnamen khusus wanita dengan kumpulan hadiah yang lebih kecil.

●        Pada Kejuaraan Dunia 2015, sebuah panel esports diselenggarakan dengan tamu dari masyarakat olahraga internasional untuk membahas pengakuan masa depan esports sebagai aktivitas olahraga yang diakui dan sah di seluruh dunia.

Perlu diketahui, terdapat empat federasi yang baru diwakili di IESF di antaranya Federación Colombiana de Deportes Electrónicos (FEDECOLDE) Kolombia, Federasi Olahraga Siber Qazaq (QCF) Kazakhstan, Federasi Esports Turki Turki (TESFED), dan Federasi E-Sport Ukraina Ukraina (UESF).

Asia dan Eropa merupakan jumlah terbesar negara anggata IeSF, dengan masing-masing 24 dan 22, dengan kedatangan Makau pada tahun 2016 menandai terakhir kali anggota baru bergabung hingga sekarang.

Pada Juli 2016, Makau menjadi negara anggota IESF ke-56.

Federasi eSports Internasional (IeSF) telah memilih untuk menerima Federasi eSports Amerika Serikat (USeF) sebagai anggota penuh. Keputusan tersebut, diambil pada Rapat Umum IeSF di Kaohsiung di Taiwan. Dengan demikian, USeF adalah badan esports nasional resmi yang diakui di AS.

Terbaru, Esports diatur untuk berkembang di Timur Tengah dengan Federasi Esports Internasional nirlaba Korea (IESF) dan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memasuki wilayah tersebut.

IESF sendiri telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Motivate Media Group UEA yang merupakan perusahaan induk dari Gulf Business, untuk berekspansi secara regional. Saat ini, kategori Esports memiliki lebih dari 300 juta pemain di Timur Tengah saja.

Selain apa itu iesf, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : esport iesf game
Rekomendasi