Bisa Merusak Lapisan Kulit, Ketahui Suhu Air Hangat yang Tepat untuk Tubuh Saat Mandi

| 09 Aug 2022 07:55
Suhu air hangat yang baik untuk mandi (Unsplash.com/Hannah Xu)

ERA.id - Mandi dengan air hangat memang sangat menyenangkan dan membuat nyaman tubuh. Namun, saat mandi dengan air hangat harus diperhatikan suhu airnya agar tetap baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut Ahli dan Praktisi Kesehatan, dr. Berian Rachmanadi, suhu air hangat yang baik digunakan untuk mandi adalah di bawah 40 derajat celcius. Ia menyebutkan suhu air tersebut sudah yang sangat baik untuk tubuh dan dianjurkan untuk tidak melebihi.

"Pertanyaan tentang suhu, ada air panas dan air hangat. Yang bermanfaat untuk tubuh itu air hangat, suhunya itu di 37 - 38,3 , atau kurang dari 40 derajat celcius. Itu suhu yang baik untuk tubuh. Air hangat ya, bukan panas," kata dr. Berian Rachmanadi, saat konferensi pers acara Rheem XWell Water Heater di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (8/8/2022).

Dokter Berian menyampaikan bahwa jika air yang digunakan untuk mandi terlalu panas akan menyebabkan lapisan kulit rusak. Ini lantaran pada kulit terdapat kelenjar minyak yang berfungsi sebagai pelembab alami yang harus dijaga.

"Kalau misalkan mandi nya terlalu panas, atau terlalu sering, itu bisa merusak kulit. Itu karena di kulit ada kelenjar minyak yg berfungsi sebagai pelembab alami," ujarnya.  

Jika kelenjar minyak tersebut terkena air yang terlalu panas, maka kulit bisa menjadi kering dan iritasi. Bahkan pada orang yang kulitnya sensitif bisa menimbulkan rasa gatal.

"Kalau terlalu panas, si kelenjar ini bisa terganggu fungsinya, itu bisa membuat kulit jadi kering dan iritasi. Kalau kulitnya sensitif, maka nanti kulitnya akan gatal. Kalau mau ada manfaatnya itu harus disesuaikan suhunya," pungkas dr. Berian.

Rekomendasi