Kulit Bayi Sensitif, Cara Chelsea Olivia Cegah Dermatitis Popok pada Si Kecil

| 03 Sep 2022 09:00
Kulit Bayi Sensitif, Cara Chelsea Olivia Cegah Dermatitis Popok pada Si Kecil
Chelsea Olivia (Dok. Makuku)

ERA.id - Kulit bayi 10 kali lebih sensitif dari kulit orang dewasa dan belum berkembang dengan sempurna. Karena itu, Ibu harus lebih selektif terhadap kebutuhannya, termasuk menimbang risiko paparan bahan atau zat tertentu, khususnya pada area popok. 

Faktanya, sekitar 50% bayi mengalami dermatitis popok dengan usia dibawah 12 bulan. Dermatitis popok menunjukkan bahwa kulit pada area popok si kecil mengalami reaksi inflamasi. Pada kondisi ini, kulit akan mengalami kemerahan, ruam, bahkan dapat mengelupas pada bagian paha, selangkangan, pinggang dan pantat si kecil. Jika tidak dirawat dengan tepat, maka dapat mengakibatkan infeksi.

dr. S.T Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menerangkan bahwa, dermatitis popok dapat dicegah dengan manajemen yang baik dari orangtua. Selain menjaga kebersihan kulit, menghindari zat yang bersifat iritan, Ibu juga perlu memperhatikan penggunaan popok sehari-hari si kecil.

"Apalagi, kulit pada area popok si kecill merupakan daerah yang lebih lembab sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan jamur untuk berkembang. Oleh karena itu, ukuran, waktu penggunaan, serta kualitas popok menjadi hal yang harus selalu diperhatikan untuk mencegah terjadinya dermatitis popok pada si kecil," ungkap dokter Andreas dalam keterangan resmi yang diterima Era.id.

Pada kesempatan yang sama, CEO MAKUKU Indonesia, Jason Lee mengatakan, popok juga dapat meningkatkan tingkat kelembapan kulit area popok pada bayi. Karena itu, sebagai popok pionir SAP Core Structure, menghadirkan Air Diapers Slim dengan inti SAP Core Structure yang penyerapannya lebih merata, anti gumpal dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak.

"Kemampuannya mengunci cairan dengan baik akan mencegah osmosis balik, anti bocor, dan menjaga permukaan kulit tetap kering sehingga mencegah terjadinya dermatitis popok," jelasnya.

Public Figure dan Ibu dari 2 anak, Chelsea Olivia, mengatakan ia juga baru tahu bahwa ternyata 50% bayi mengalami masalah dermatitis popok. Hal ini membuatnya sebagai seorang ibu semakin memerhatikan perawatan yang tepat untuk kulit sensitif Dante.

"Popok yang dipakai seharian haruslah saya pilih yang  dapat menyerap cairan secara optimal serta bahannya aman bagi kulit sehingga tidak memicu iritasi. Setelah mengenal MAKUKU Air Diapers Slim, saya menyadari beberapa keunggulannya. Walaupun ketebalannya hanya 1,6 mm, ternyata daya serapnya juga tinggi dan merata jadi popok tetap dalam kondisi kering ketika dipakai oleh Dante. Cairannya juga terkunci sehingga tidak bocor dan aman untuk kulit sensitif bayi," imbuh Chelsea.

Rekomendasi