Apa Itu Body Goals? Inilah Penjelasan dan Cara Mendapatkannya

| 10 Sep 2022 06:37
Apa Itu Body Goals? Inilah Penjelasan dan Cara Mendapatkannya
Ilustrasi body goals (unsplash)

ERA.id - Mungkin Anda pernah mendengar orang berkata, “Dia punya badan yang body goals. Pantes banyak yang suka.” Atau, Anda sendirilah yang mengatakan hal tersebut. Namun, tahukah Anda apa itu body goals?

Dikutip Era dari SehatQ, body goals merupakan istilah yang kerap digunakan untuk menggambarkan bentuk tubuh yang dianggap ideal. Pada dasarnya, body goals memiliki arti kondisi atau bentuk tubuh ideal yang dijadikan target untuk diraih.

Namun, sebagian orang memiliki body goals (target) yang tidak sesuai dengan tipe tubuhnya sehingga tidak realistis untuk dicapai. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan bentuk tubuh sendiri dan target yang paling realistis untuk dicapai. Setelah itu, tentukan cara yang paling tepat untuk mencapai hal tersebut.

Apa Itu Body Goals Realistis dan Cara Menentukannya

Manusia punya tipe dan bentuk tubuh yang berbeda-beda. Faktor genetik memiliki pengaruh yang besar terhadap bentuk tubuh. Ada orang yang sulit gemuk, sedangkan ada pula yang memiliki pinggul lebar atau tulang yang besar.

Terkait hal tersebut, menjadikan orang lain sebagai acuan body goals tampaknya bukanlah hal yang bijak karena belum tentu sesuai dengan Anda sehingga tidak realitstis. Langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengenali tipe tubuh Anda, kemudian menentukan body goals yang masuk akal.

Target realistis body goals adalah kondisi tubuh yang bisa membuat Anda merasa bahagia dengan kondisi tersebut, tentunya yang sesuai dengan tipe tubuh Anda. Latihan yang dilakukan untuk mencapai body goals tersebut juga harus sesuai dengan tipe dan bentuk tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai body goals realistis yang telah Anda tetapkan.

Cara Mendapat Body Goals

1. Dibantu personal trainer

Olahraga adalah salah satu cara untuk mencapai body goals. Terkait hal tersebut, ada baiknya Anda menggunakan bantuan pelatih pribadi atau personal trainer agar lebih efektif.

Personal trainer bisa memberikan rekomendasi jenis latihan yang tepat untuk Anda lakukan. Selain itu, personal trainer bisa membantu Anda menyempurnakan teknik latihan dan melakukannya dengan aman sehingga tidak rawan mengalami cedera.

2. Latihan olahraga yang tepat

Ilustrasi olahraga bersama personal trainer (unsplash)

Jika Anda tak menggunakan personal trainer, Anda tetap harus memilih jenis latihan yang tepat bagi Anda dan sesuai dengan target. Bagian tubuh mana yang ingin Anda bentuk sesuai body goals Anda?

3. Diet sehat

Olahraga harus diimbangi dengan diet atau pola makan yang tepat untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa contoh pengaturan pola makanan untuk body goals.

·         Diet buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, makanan laut, kacang-kacangan, serta susu rendah atau bebas lemak.

·         Mengurangi daging merah atau daging olahan, biji-bijian yang direfinasi, alkohol, serta makanan dan minuman tinggi kandungan gula.

·         Direkomendasikan memilih makanan utuh yang tidak diproses dengan fokus utama berupa makanan dari tumbuhan.

·         Konsumsi karbohidrat kompleks.

·         Memilih lemak sehat, sepert ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, dan alpukat.

·         Hindari konsumsi berlebih makanan yang digoreng atau mengandung banyak minyak.

4. Gaya hidup aktif

Hidup aktif bisa membantu Anda mencapai body goals dan tubuh jadi lebih sehat. Gaya hidup yang lebih banyak gerak juga bisa menyehatkan organ-organ penting, seperti jantung dan paru-paru.

Berikut ini ada beberapa contoh kegiatan yang bisa membuat Anda terbiasa dengan gaya hidup aktif. Dengan demikian, body goals bisa lebih mungkin dicapai.

·         Parkir agak jauh dari lokasi yang dituju.

·         Memilih menggunakan tangga daripada lift.

·         Berjalan-jalan usai makan malam.

·         Rutin melakukan berbagai pekerjaan rumah.

5. Cukup tidur

Ilustrasi tidur (unsplash)

Ini kadang tak diperhatikan. Istirahat, dalam hal ini tidur, adalah hal yang pentun untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencapai body goals. Istirahat dan tidur yang cukup bisa membuat Anda tetap semangat menjalankan berbagai kegiatan. Selain itu, tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk pemulihan dan pembentukan otot.

7. Konsisten

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah konsistensi. Anda tak bisa mencapai body goals dalam sekejap. Butuh usaha, ketelatenan, kesabaran, dan dilakukan secara terus menerus.

Itulah beberapa hal terkait apa itu body goals dan cara mencapainya. Jika Anda masih ragu dengan apa yang akan Anda lakukan, ada baiknya melakukan konsultasi dengan ahli gizi, personal trainer, atau pihak yang menguasai hal tersebut. 

Rekomendasi