Mengenal Kelopak Mata Ganda dan Cara Mendapatkannya

| 01 Oct 2022 09:05
Ilustrasi kelopak mata ganda (unsplash)

ERA.id - Kelopak mata memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi mata dari berbagai unsur berbahaya, misalnya debu dan cahaya berlebih. Fungsi kelopak mata ternyata juga didapatkan dalam dunia kecantikan. Sebagian perempuan merasa lebih cantik saat memiliki kelopak mata ganda atau double eyelid.

ilustrasi mata berkelopak ganda (unsplash)

Ini juga menjadi salah satu tren kecantikan yang ada di Korea Selatan. Hal tersebut membuat cukup banyak wanita Korea Selatan yang melakukan operasi kulit untuk mendapatkan kelopak mata ganda. Hal serupa ternyata juga terjadi di Indonesia. Mata indah punya data tarik tersendiri sehingga sebagian wanita Tanah Air melakukan perubahan pada matanya.

Cara Membuat Kelopak Mata Ganda

Catherine Soebroto, dokter bidang estetika yang telah belasan tahun berkecimpung di dunia tersebut, mengatakan bahwa dirinya sudah menerima banyak pelanggan yang minta dibuatkan kelopak mata ganda. Hal tersebut dilakukan agar mereka lebih percaya diri.

"Sudah sekian banyaknya pasien datang untuk minta dibuatkan lipatan mata atau untuk meminta memperbaiki lipatan matanya. Pasien yang datang sangatlah bermacam-macam, ada yang datang dengan mata sipit tanpa lipatan dan ingin dibuat lipatan mata supaya mata terlihat lebih besar, ada yang datang karena pernah buat lipatan mata di tempat lain tetapi gagal dan ingin diperbaiki," terang Catherine, dikutip Era dari Berita Satu.

Ada pula pelanggan yang datang karena matanya tidak simetris sejak lahir. Dia datang ke Catherine untuk membuatnya lebih simetris. Dia juga mengatakan bahwa ada pasien berumur yang kelopak mata atasnya sudah jatuh dan ingin hal tersebut diperbaiki.

Dia menjelaskan, lipatan mata untuk menghasilkan kelopak mata ganda digemari banyak orang sebab teknik yang digunakan adalah teknik semi-operasi. Dengan demikian, mata tidak disayat penuh, melainkan hanya disayat kecil untuk mengeluarkan lemak yang ada di mata serta memasukan benang agar lipatan mata yang cantik bisa terbentuk.

"Hanya dengan sayatan kecil sebesar 0,5 mm maka yang terjadi adalah menimbulkan efek bengkak akan sangat minimal sekali dan pasien langsung dapat beraktivitas seperti biasa," jelasnya.

Salah satu daya tarik lainnya, hasil lipatan tersebut bersifat permanen. Oleh sebab itu, sang pasien hanya cukup menjalani treatment ini sekali saja tanpa pengulangan. Teknik semioperasi yang dilakukan oleh Catherine berbeda dengan teknik sulam yang kerap ditemukan di salon-salon kecantikan.

Pembuatan kelopak mata ganda dengan teknik semioperasi akan menghasilkan hasil lipatan yang tampak natural layaknya lipatan asli dari lahir. Treatment mata ini bisa dilakukan pria dan wanita.

Meski demikian, pasien yang ingin melakukan treatment double eyelid harus berkonsultasi terlebih dahulu. Setelah itu, mata akan dicek menggunakan alat khusus untuk menentukan ukuran lipatan yang akan dibentuk disesuaikan dengan wajahnya.

Pasien tidak perlu mengkhawatirkan rasa sakit saat treatment tersebut dijalankan. Sebelum proses pembuatan berjalan, pasien akan mendapatkan double anestesi, yaitu dengan cream dan injeksi. Pasien akan tetap merasa nyaman selama proses berjalan.

Kehati-hatian dalam Pembuatan Kelopak Mata Ganda

Waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan lipatan mata biasanya sekitar 1 jam. Hal tersebut tergantung pada jumlah lemak yang ada di mata pasien. Semakin banyak lemak, pengerjaan akan semakin lama.

Setelah mendapatkan perawatan, pasien akan mendapatkan obat-obatan untuk mempercepat penyembuhan mata. Pasien juga perlu melakukan kontrol seminggu setelahnya untuk melihat hasil lipatan mata tersebut.

Dokter Catherine memberikan saran agar pembuatan kelopak mata ganda dilakukan oleh dokter. Ia tidak menyarankan pembuatan lipatan mata oleh salon yang tidak memahami anatomi mata. Mata merupakan area sensitif. Kesalahan bisa berakibat fatal bagi pasien. 

Rekomendasi