Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Tanpa Melukai Mereka

| 02 Oct 2022 07:02
Cara Memotong Kuku Kucing yang Benar Tanpa Melukai Mereka
Ilustrasi kuku kucing (Unsplash)

ERA.id - Tahukah Anda, memotong kuku kucin secara teratur sejak masih anakan adalah penting karena beberapa alasan. Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memotong kuku kucing yang aman.

Perlu diketahui, cakar kucing dapat tumbuh berlapis-lapis dan kucing  sering kali perlu menggaruknya pada permukaan kasar untuk menghilangkan lapisan luar yang sudah aus.

Kucing yang lincah juga secara alami menggunakan cakarnya untuk bermain. Dengan demikian memangkas cakar kucing berarti akan meminimalisir kerusakan pada perabotan dan anggota badan Anda.

Cara Memotong Kuku Kucing

Kebanyakan kucing perlu diyakinkan bahwa memegang cakarnya adalah hal yang baik. Cara pertama adalah ambil camilan di tangan, pijat dengan lembut kaki kucing Anda secara teratur selama beberapa hari.

Kemudian, setelah Anda berdua rileks dan kucing Anda berada di pangkuan, lalu tekan perlahan bantalan kaki kucing Anda untuk menjulurkan cakarnya. Penting: Anda harus memperhatikan bagian merah muda, yang disebut quick yang sangat sensitif, karena mengandung saraf dan pembuluh darah pada kucing Anda.

Gunakan gunting kuku khusus kucing untuk memotong kuku kucing Anda, dan berhati-hatilah dengan jumlah kuku yang Anda potong. Dilansir dari Petbarn, kami akan jelaskan cara terbaik untuk memotong kuku kucing yang berbeda dan seperti apa kuku yang harus dirawat dengan baik.

  1. Memotong kuku kucing yang panjang

    Memotong kuku kucing yang panjang (Perbarn)

Potong hanya ujung kuku agar tidak cepat rusak dan menyebabkan pendarahan. Lakukan secara cepat secara bertahap.

  1. Memotong atau mengikis kuku kucing Anda

    Memotong atau mengikis kuku kucing Anda (Perbarn)

Memotong atau mengikir kuku kucing Anda sedikit setiap beberapa hari akan menyebabkan lapisan kuku terkelupas secara bertahap.

  1. Memotong kuku pendek

    Memotong kuku pendek (Petbarn)

Memotong hanya ujungnya dan melakukannya secara teratur akan membantu Anda menghindari pemotongan cepat kuku kucing Anda.

  1. Kuku yang terpelihara dengan baik

    Kuku yang terpelihara dengan baik (Petbarn)

Perawatan kuku kucing secara  teratur akan membuat prosesnya lebih mudah!

Apa efek buruk tidak memotong kuku kucing?

Merawat kuku kucing Anda adalah bagian penting dari ritual perawatan mingguan. Memang sebagian besar kucing suka memotong cakarnya, karena mereka biasanya mengunyahnya atau mencakar furnitur Anda.

Jika tidak dirawat, kuku kucing Anda bisa melengkung kembali ke arah alas kakinya. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat mereka berjalan atau mengancam akan menusuk bantalan jari kaki mereka.

Dengan demikian, memeriksa cakar kucing Anda secara berkala adalah hal yang baik. Dengan mengikuti tips kami di atas, kucing Anda akan semakin merasa rileks dalam hidup sehari-hari.

Apakah berbahaya memotong kuku kucing Anda?

Memotong kuku kucing tidak harus menjadi hal yang berbahaya dari perawatan mereka. Memang ada risiko menyakiti kucing Anda jika kukunya dipotong atau dikikir terlalu pendek.

Tentu saja, jika memotong kuku kucing Anda tampak seperti tugas sulit terlalu berat bagi Anda, bawalah hewan peliharaan Anda ke klinik Dokter Hewan terpercaya di mana para profesional akan dengan senang hati melakukannya untuk Anda.

Selain cara memotong kuku kucing, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi