Pastikan Mereka Tidak Sendirian, Cara Tepat Merespons Teman yang Mengalami Depresi

| 22 Oct 2022 07:29
Pastikan Mereka Tidak Sendirian, Cara Tepat Merespons Teman yang Mengalami Depresi
Cara menangangi cerita orang yang sedang depresi (Pexel.com)

ERA.id - Depresi memang merupakan suatu kondisi yang dialami oleh cukup banyak orang. Bagi mereka yang mengalami depresi, penting untuk memiliki seseorang yang berada di sisi mereka dan para ahli yang bisa membantu.

Saat orang terdekat mengalami depresi dan bercerita, kita dianjurkan untuk mendengarkan. Perasaan yang timbul dalam diri ketika mendengar curhatan mereka, baiknya disampaikan dengan jujur.

"Nomor satu kita jujur. Jadi kalau apa pun itu respons emosi yang muncul dalam diri kita, kita sampaikan," kata Annelia Sari Sani, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, saat ditemui di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Kamis (20/10/2022).

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah memberikan mereka dukungan. Tegaskan pada mereka, bahwa saat mengalami depresi mereka tidak sendirian, dan masih banyak tempat untuk mencari bantuan.

"Tapi yang penting juga kita lakukan adalah memberi dukungan, kita yakinkan bahwa dia tidak sendirian. Mungkin kita tidak memiliki kapasitas atau kemampuan menolong dia, tetapi kita akan selalu ada dan menemani dia ke mana pun dia mencari bantuan," jelas Annelia.

Lebih lanjut, usahakan untuk tidak membiarkan seseorang merasa sendiri di dalam penderitaan mereka. Dengarkan cerita dan bantu mereka untuk menemui ahli yang bisa memberikan jalan keluar secara benar dan tepat.

"Dia tidak sendiri, jangan biarkan ada orang yang terbenam dalam penderitaannya sendirian. Karena itulah semangat yang mau kita sampaikan, bahwa mereka itu nggak sendiri. Ada banyak akses bantuan yang bisa kita cari dan manfaatkan," tutup Annelia.

Rekomendasi