Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Mudah untuk Dilakukan

| 15 Jan 2023 09:35
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Mudah untuk Dilakukan
Ilustrasi (Paul Bradburry/Pexels)

ERA.id - Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pilek, sinus, alergi, flu, dan sebagainya. Terutama di musim hujan, hidung tersumbat merupakan salah satu keluhan yang banyak dirasakan oleh setiap orang. Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat?

Hidung tersumbat terjadi ketika hidung, jaringan sekitarnya, serta pembuluh darah setempat bengkak karena produksi cairan berlebih. Imbasnya, hidung jadi terasa mampet atau tersumbat oleh cairan atau lendir saluran pernapasan. Sementara, ketika ingin membuang ingus dengan harapan bisa bernapas lagi, ternyata tidak ada yang keluar. Selain itu, hidung yang tersumbat bisa juga disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus. Pembuluh darah yang teriritasi ini biasanya dipicu oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat (Freepik)

Akibat hidung tersumbat adalah susah bernapas, tidur tidak nyaman, dan sensivitas penciuman menurun, sampai menimbulkan sakit kepala mengganggu. Kondisi ini juga membuat susah tidur nyenyak di malam hari. Hidung tersumbat merupakan situasi yang sangat mengganggu sehingga perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Seperti misalnya dengan menghirup udara panas, menggunakan minyak angin, minum air jahe hangat, tetap terhidrasi, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat dilakukan agar dapat bernafas lebih baik:

Menghirup Uap Panas

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah menghirup uap panas. Rebus air hingga mendidih, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember.  Duduk menghadap wadah tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajah. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

Menggunakan Minyak Angin

Minyak angin sering digunakan sebagai penanganan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Selain minyak angina, juga bisa menggunakan balsam atau minyak kayu putih. Gosokkan di area dada, leher, dan hidung. Gunakan minyak yang tidak mengandung menthol. Aromaterapi dari minyak angin tersebut dapat menghangatkan hidung dan melancarkan hidung tersumbat.

Minum Air Jahe Hangat

Hal lainnya yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah dengan minum air jahe hangat. Air jahe hangat selain membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, juga membuat tubuh terasa hangat sehingga dalam keadaan dingin dan lembab tetap dapat menjaga tubuh lebih fit dan sehat.

Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Terkadang kondisi hidung tersumbat membuat malas untuk minum air sehingga sangat penting untuk tetap menjaga asupan cairan supaya tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk

Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur di matahari pagi juga merupakan cara lain untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Berjemur di matahari pagi juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan. Berjemur di antara jam 7 – 9 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Hidung tersumbat memang terasa menjengkelkan sehingga penanganan cepat dan efektif sangat dibutuhkan untuk dapat terbebas dari hidung tersumbat dan dapat merasakan nafas lega kembali.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi