Lama Tubuh Memproses Makanan Menjadi Lemak, Butuh Berapa Jam?

| 14 May 2023 09:25
Lama Tubuh Memproses Makanan Menjadi Lemak, Butuh Berapa Jam?
Lama tubuh memproses makanan menjadi lemak (unsplash)

ERA.id - Bagi yang takut gemuk, tahukan Anda lama tubuh memproses makanan menjadi lemak?

Lemak merupakan salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh manusia. Lemak dapat memberikan energi yang cukup dan memainkan peran penting dalam proses metabolisme tubuh.

Namun, apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, tubuh akan menyimpan kelebihan lemak tersebut dalam bentuk cadangan energi untuk digunakan di kemudian hari.

Proses tubuh memproses makanan menjadi lemak terjadi melalui beberapa tahapan. Proses ini dimulai dari saat makanan masuk ke dalam mulut, kemudian melalui saluran pencernaan, hingga akhirnya disimpan dalam bentuk lemak di dalam sel-sel tubuh.

Dikenal Jahat, Lemak Juga Memiliki Fungsi!

Lemak juga membantu tubuh Anda menyerap vitamin (unsplash)

Dilansir dari Healthline, lemak dari makanan Anda akan dicerna oleh enzim pada berbagai tahap proses pencernaan. Sebagian langsung digunakan sebagai energi, dan sebagian lagi disimpan untuk digunakan nanti. Ketika energi ekstra dibutuhkan, tubuh Anda akan memecah lemak yang tersimpan.

Meskipun lemak telah mendapat julukan buruk selama bertahun-tahun, lemak sebenarnya penting bagi kesehatan Anda. Lemak mendukung beberapa fungsi tubuh Anda dan memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan.

Lemak juga membantu tubuh Anda menyerap vitamin-vitamin penting dan memberikan asam lemak esensial yang dapat mengendalikan peradangan, meningkatkan kesehatan otak, dan banyak lagi.

Berapa Lama Tubuh Memproses Makanan Menjadi Lemak?

Jumlah waktu yang dibutuhkan lemak untuk dicerna dapat bervariasi, dari orang ke orang dan antara pria dan wanita akan berbeda.

Pada tahun 1980-an, para peneliti Mayo Clinic menemukan bahwa rata-rata waktu transit dari makan hingga pembuangan tinja adalah sekitar 40 jam. Total waktu transit rata-rata 33 jam pada pria dan 47 jam pada wanita.

Lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain, dan jumlah waktu bervariasi berdasarkan jenis lemak. Lemak makanan terdiri dari:

●        lemak jenuh

●        lemak trans

●        asam lemak tak jenuh tunggal

●        asam lemak tak jenuh ganda, termasuk asam lemak omega-3

Selain lama tubuh memproses makanan menjadi lemak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi