Tips Aman Mencegah Penyebab Katarak dengan Vitamin Mata

| 26 May 2023 18:14
Tips Aman Mencegah Penyebab Katarak dengan Vitamin Mata
Vitamin Mata (Dok Eyeboost)

ERA.id - Pentingnya mata dalam kehidupan kita, dikatakan bahwa mata yang sehat meningkatkan kualitas hidup manusia. Sebaliknya, adanya gangguan mata seperti katarak sangat berpengaruh dalam kelancaran aktivitas sehari-hari, bahkan berisiko mengakibatkan kehilangan penglihatan total.

Belum lagi, katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di dunia. Tidak main-main, WHO sampai turun tangan untuk terus menyebarkan awareness tentang bahaya katarak.

Terlepas dari kengerian risiko katarak, kita harus paham betul mengenai penyebab katarak, bahaya katarak pada mata, serta manfaat vitamin Eyebost untuk mencegah penyebab katarak muncul.

Ketahui Penyebab Katarak Mata

Katarak bukan lagi istilah asing bahkan bagi orang awam sekalipun. Bagaimana tidak, ada begitu banyak kasus terjadinya katarak di Indonesia, terutama pada kalangan usia lanjut.

Katarak adalah suatu kondisi di mana lensa mata mengalami kekeruhan akibat penggumpalan protein atau lemak pada mata.

Gumpalan putih pada katarak akan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan mata berupa penglihatan buram, bahkan kehilangan penglihatan atau kebutaan total sekalipun.

Menurut data dari WHO, katarak menempati urutan nomor satu penyebab katarak di dunia dengan persentase sebesar 51%, disusul dengan glaukoma dan degenerasi makula usia atau AMD. Penyebab katarak mata pun beragam, mulai dari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidak menggunakan pelindung mata saat di luar ruangan, dan kurangnya asupan nutrisi untuk mata terutama antioksidan.

Selain itu, katarak disebabkan juga oleh penyakit tertentu seperti diabetes, cedera atau trauma pada mata, penggunaan obat steroid dalam jangka waktu yang lama, dan efek terapi radiasi.

Meskipun demikian, katarak adalah penyebab kebutaan yang bisa dicegah asalkan pengobatan segera dilakukan sesaat setelah dokter mendiagnosisnya. Pengobatan yang terlambat inilah yang kemudian mengakibatkan penderitanya mengalami kebutaan.

Operasi katarak adalah satu-satunya cara penyembuhan katarak yang ada hingga saat ini. Ada beberapa jenis prosedur yang dokter lakukan dalam operasi katarak.

Misalnya, phacoemulsification adalah prosedur yang dilakukan dengan cara mengambil gumpalan protein yang berada di lensa mata.

Beda halnya dengan operasi extracapsular, dokter akan menghilangkan lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan agar penglihatan jernih kembali.

Perlu kita tahu bahwa operasi katarak terbilang sangat aman dengan tingkat keberhasilan tinggi. Pasien pun diperbolehkan pulang ke rumah di hari yang sama, dengan syarat dan ketentuan tertentu. Risiko pasca operasi katarak seperti perdarahan, infeksi, dan lain-lain pun memiliki persentase di bawah 1%. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk memutuskan operasi ini.

Kabar baiknya, operasi katarak bisa dicover penuh oleh BPJS. Pasien dibebaskan dari semua biaya operasi, sehingga seharusnya tidak ada alasan lagi mengapa katarak terlambat untuk ditangani. Akan tetapi, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dalam kasus ini, kita bisa mencegah katarak dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pentingnya Antioksidan Untuk Mencegah Katarak Mata

Tidak bisa dipungkiri kalau healthy lifestyle sangat berperan penting dalam menjaga tubuh kita tetap sehat dan fit setiap saat.

Bukan hanya soal badan bugar, nyatanya ada begitu banyak ancaman yang mengganggu keseimbangan tubuh kita seperti halnya radikal bebas. Istilah radikal bebas diartikan sebagai kerusakan sel yang disebabkan oleh proses alami tubuh atau sumber eksternal lainnya.

Sinar matahari adalah salah satu sumber radikal bebas berupa sinar ultraviolet (UV). Apabila sinar ini masuk ke dalam mata, maka penyakit serius sangat mungkin menjangkit mata.

Oleh sebab itu, radikal bebas harus dilawan supaya tidak menimbulkan kerusakan sel. Di sinilah peran antioksidan dalam menjaga kesehatan mata.

Antioksidan adalah senyawa atau zat yang bertugas untuk menangkal atau menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Senyawa ini banyak ditemukan di dalam makanan yang berasal dari tanaman.

Dalam sebuah studi berjudul Natural Antioxidant Activities of Plants in Preventing Cataractogenesis disebutkan bahwa tanaman yang mengandung antioksidan bisa digunakan untuk mencegah katarak.

Antioksidan terdiri dari beberapa jenis seperti polifenol dan flavonoid yang berupa beta-karoten, lutein, vitamin C, dan vitamin E.

Berikut merupakan sumber antioksidan yang bisa kita konsumsi untuk mencegah katarak, di antaranya seperti:

1. Wortel. Menurut studi penelitian berjudul The Nutraceutical Potential of Carrots Carotenoids in Chronic Eye Defects (CEDs): A Review, beta-karoten yang terkandung di dalam wortel adalah jenis antioksidan yang mencegah kehilangan penglihatan akibat radikal bebas.

2. Bilberrry. Jenis buah beri yang satu ini mengandung antioksidan bernama anthocyanin yang berfungsi menetralkan radikal bebas penyebab katarak mata.

3. Blueberry. Antioksidan jenis anthocyanin dan polifenol yang terkandung di dalam blueberry berperan dalam mencegah penyakit kronis seperti katarak serta meningkatkan fungsi penglihatan.

4. Bunga Marigold. Memiliki nama lain bunga ‘tahi ayam’, bunga marigold kaya akan kandungan lutein pada kelopak bunganya. Lutein merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mencegah penyakit mata, misalnya katarak.

5. Madu. Tidak hanya anti-inflamasi, madu mengandung antioksidan berupa flavonoid dan polifenol yang berguna untuk menangkal radikal bebas seperti yang disebutkan dalam studi berjudul Therapeutic Potential of Honey and Propolis on Ocular Disease.

Akan sangat menyulitkan apabila kita harus mengonsumsi semua makanan tersebut sekaligus setiap hari. Bukannya sehat, kita cenderung malas duluan karena ada terlalu banyak jenis makanan yang harus dipersiapkan.

Tapi, jangan khawatir sebab semua sumber antioksidan di atas terformulasi secara lengkap di dalam satu botol vitamin mata Eyebost.

Berbeda dengan vitamin mata lainnya, Eyebost berbahan dasar madu asli yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti wortel, bilberry, blueberry, dan bunga marigold.

Kandungan antioksidan seperti beta-karoten, senyawa lutein, vitamin C, dan vitamin E sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan mata kita.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan kalau mengonsumsi vitamin mata Eyebost adalah salah satu cara mencegah katarak mata yang aman untuk segala usia.

Meskipun rasanya manis, Eyebost aman dikonsumi oleh penderita diabetes sebab Eyebost hanya menggunakan madu hutan asli yang berperan sebagai pemanis alami.

Jadi, kalau kamu ingin mata sehat bebas katarak, konsumsi Eyebost secara rutin setiap hari. Yuk, pesan Madu Eyebost sekarang!

Rekomendasi