Jenis Tanda Lahir pada Anak yang Harus Diketahui Ibu dan Ayah

| 07 Jun 2023 16:25
Jenis Tanda Lahir pada Anak yang Harus Diketahui Ibu dan Ayah
Ilustrasi jenis tanda lahir (Foto: Pixabay)

ERA.id - Sebuah penelitian menyebutkan, ada lebih dari 80 persen bayi yang baru lahir mempunyai tanda lahir. Ada banyak jenis tanda lahir, corak dan warna tanda lahir yang begitu mencolok dapat dianggap mengganggu untuk sebagian orang. Namun, sebagian besar tanda lahir yang muncul tidak membahayakan.

Tanda lahir berupa bercak pada kulit yang bisa saja terlihat sejak sebelum atau sesaat setelah Anda lahir.

Tanda pada kulit ini dapat berbentuk datar atau menonjol dengan pinggiran teratur atau tak beraturan. Memiliki corak dan warna yang bermacam-macam, mulai dari hitam, biru pucat, cokelat, merah muda, maupun ungu.

Sebagian besar tanda lahir tidak membahayakan dan dapat hilang seiring berjalannya waktu. Namun, bercak pada kulit ini juga dapat menandakan masalah atau penyakit lain.

Jenis tanda lahir

Pada umumnya, jenis tanda lahir manusia terbagi menjadi tanda vaskular dan tanda pigmen.

Ada tiga jenis tanda vaskular, antara lain strawberry marks, hemangioma dalam, dan port-wine stain. Simak penjelasannya di bawah ini.

Strawberry marks

Ilustrasi strawberry marks (Pixabay)

Strawberry marks alias hemangioma infantil merupakan jenis tanda vaskular yang memiliki bentuk seperti benjolan dan berwarna merah stroberi, serupa dengan lepuhan darah.

Tekstur benjolan umumnya kenyal dan kadang memiliki bentuk seperti bercak. Tanda ini bisa tumbuh dengan cepat, dan muncul sampai berusia 4 – 6 bulan, ada juga yang waktunya lebih lama.

Ketika berhenti tumbuh, hemangioma mungkin menjadi permanen atau menyusut. Jila menyusut, warnanya pun berubah menjadi keabu-abuan, dan  memiliki tekstur yang lunak.

Biasanya, tanda ini terlihat pada kepala dan leher, tapi bisa juga ditemukan di setiap permukaan kulit, termasuk pada mulut atau anus. Tanda ini dapat hilang sendiri serta menyisakan sedikit bekas.

Hemangioma dalam

Tanda lahir ini terlihat seperti benjolan yang terdapat pada lapisan dalam kulit, bukan di permukaan. Warna yang terlihat tampak ungu kebiruan.

Anda mungkin juga akan menyaksikan garis merah tipis yang merupakan pembuluh darah. Hemangioma dalam terasa hangat dan kencang.

Jenis ini dapat tumbuh cepat dalam waktu setahun. Terkadang, pertumbuhannya dapat melambat atau berhenti tiba-tiba.

Port-wine stain

Ilustrasi port wine stain (Pixabay)

Tanda lahir ini berbentuk bercak merah terang, merah muda, atau ungu. Port-wine akan terus tumbuh seiring dengan pertambahan usia.

Seiring bertambahnya waktu, bercak ini akan menjadi tebal dan berwarna gelap, teksturnya juga dapat berubah hingga terasa menonjol, bahkan seperti terasa ada batu di bawah permukaan kulit.

Biasanya port-wine akan terlihat di wajah, tetapi jenis tanda lahir ini dapat ditemukan di mana saja. Jika tidak diapa-apakan, bercak ini akan muncul seumur hidup.

Demikianlah penjelasan tentang jenis tanda lahir yang dapat Anda temukan. Semoga informasi ini menambah wawasan, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi