Mengenal Apa Itu Masa Endemi dan Perbedaannya dengan Pandemi

| 22 Jun 2023 13:05
Mengenal Apa Itu Masa Endemi dan Perbedaannya dengan Pandemi
Ilustrasi endemi dan pandemi (Ners Unair)

ERA.id - Pemerintah resmi mencabut status pandemi COVID-19 di Indonesia dan beralih ke masa endemi per Rabu, 21 Juni 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, tahukah Anda apa itu masa endemi?

“Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi Pandemi Covid-19, sejak hari ini, Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” terang Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 21 Juni 2023.

Jokowi menerangkan, keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus COVID-19 di Indonesia yang sudah mendekati nihil. Berdasarkan sero survei, lanjut Jokowi, 99 persen masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi COVID-19.

“WHO juga telah mencabut status public health emergency of international concern,” tambahnya.

Presiden Jokowi (Presidengoid)

Apa Itu Masa Endemi dan Perbedaannya dengan Pandemi

Dikutip Era.id dari situs Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, pandemi merupakan wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis luas (seluruh negara atau benua), umumnya mengenai banyak orang.

Sementara, endemi merupakan kondisi di mana terdapat penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau suatu golongan masyarakat. Kondisi disebut endemi ketika terdapat kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit itu biasa ada di suatu populasi dalam suatu area geografis tertentu.

Ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa suatu kondisi disebut pandemi dan disebut endemi. Perbedaan utama dari pandemi dan endemi adalah tingkat keparahan penyakit. Dilansir situs BRIN, inilah ciri-ciri penetapan masa pandemi.

·         Penyakit menyebar luas di berbagai negara dan berpengaruh kepada banyak orang di seluruh dunia dalam jumlah yang besar secara simultan atau berkelanjutan.

·         Penyakit dikategorikan sebagai pandemi saat memiliki tingkat penyebaran internasional dan di luar dugaan sehingga sulit untuk dikendalikan.

Sementara, endemi merupakan kondisi ketika suatu penyakit hanya muncul di suatu daerah. Dilansir situs Indonesiabaik, inilah beberapa ciri masa endemi.

·         Penyakit hanya tersebar di suatu wilayah tertentu.

·         Mengacu pada kehadiran suatu wabah penyakit yang terjadi secara terus-menerus.

·         Wabah tersebut konsisten ada, tetapi terbatas di wilayah tertentu.

·         Penyebaran dan tingkat penularan bisa diprediksi.

·         Virus dari penyakit tidak hilang sepenuhnya, tetapi telah terkendali.

Dalam kondisi saat ini, persebaran COVID-19 di Indonesia dinilai telah memenuhi kriteria untuk disebut endemi. Selain itu, ada sejumlah faktor yang bisa menjadi indikator transisi dari masa pandemi menjadi masa endemi. Berikut adalah rinciannya.

·         Kekebalan masyarakat untuk melawan virus mengalami peningkatan.

·         Angka infeksi alamiah mengalami penurunan sehingga jumlah pasien dan angka kematian akibat virus juga menurun.

Itulah penjelasan mengenai apa itu masa endemi dan perbedaannya dengan masa pandemi.

Rekomendasi