Gelombang Panas Ekstrem di Dunia Makan Korban Jiwa, India Capai 150 Orang Tewas

| 05 Jul 2023 16:00
Gelombang Panas Ekstrem di Dunia Makan Korban Jiwa, India Capai 150 Orang Tewas
Cuaca ekstrem (Dok: freepik/jcomp)

ERA.id - Musim panas tahun ini, dengan adanya perubahan iklim telah memicu gelombang panas ekstrem di seluruh dunia, memicu peringatan cuaca dan merenggut banyak nyawa.

Menurut laporan Anadolu via Antara, dari Amerika Utara hingga Eropa, Asia, dan Timur Tengah, negara-negara berjuang menghadapi cuaca yang sangat panas.

Di Amerika Serikat, peringatan secara nasional dikeluarkan ketika panas terik dan kelembapan yang menyesakkan menyelimuti berbagai daerah.

Meksiko juga terkena dampak parah, dengan suhu melewati 40 derajat  Celsius dan lebih dari 110 orang kehilangan nyawa akibat suhu yang tinggi.

Inggris melewati bulan Juni terpanas sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884. Suhu rata-rata adalah 15,8 derajat Celsius, hampir satu derajat lebih tinggi dari suhu tertinggi sebelumnya untuk bulan tersebut.

Iran, yang dikenal dengan musim panas yang terik, mengalami suhu mencapai angka yang mengejutkan di beberapa wilayah yaitu 50 derajat Celsius.

Sementara itu di Spanyol, suhu mencapai 44 derajat Celsius dan negara itu menghadapi kondisi yang mengkhawatirkan selama Juni, dengan 8 dari 17 pemerintahan otonomi mengeluarkan peringatan terkait suhu yang meningkat.

Selain itu Pakistan dan India yang juga mengalami dampak yang menghancurkan akibat cuaca panas. Insiden terkait sengatan panas merenggut nyawa 22 orang di Pakistan, sementara lebih dari 150 jiwa meninggal di India.

Bahkan China mengalami hari terpanas dalam enam dekade, dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius.

Rekomendasi