Apa Itu Sugar Craving? Berikut Penjelasan, Bahaya, dan Cara Mengatasinya

| 18 Sep 2023 07:05
Apa Itu Sugar Craving? Berikut Penjelasan, Bahaya, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi sugar craving (pexels)

ERA.id - Makan makanan manis bisa membuat seseorang merasa bahagia karena makanan/minuman manis memicu pelepasan hormon dopamin. Namun, jangan sampai Anda mengalami sugar craving. Kesehatan jadi pertaruhannya.

Apa itu sugar craving? Untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap, simak uraian berikut ini.

Mengenal Apa Itu Sugar Craving

Sugar craving adalah kondisi ketika seseorang selalu ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis dan sulit mengontrol atau menguranginya. Orang dengan sugar craving sulit menahan diri dari konsumsi makanan atau minuman manis.

Dilansir washingtonpost, penyebab sugar craving adalah ketidakseimbangan kadar gula dalam darah. Saat tubuh mencerna glukosa dari makanan dan minuman, secara otomatis tubuh melepaskan insulin dalam jumlah yang besar agar bisa kadar glukosa tersebut bisa terserap dan tidak berlebihan di dalam darah.

Lalu, saat kadar glukosa di tubuh lebih rendah dibandingkan dengan kadar insulin, tubuh memberikan sinyal bahwa tubuh butuh makanan untuk menyeimbangkannya. Akhirnya, Anda jadi punya keinginan untuk terus-menerus makan makanan manis. Jika hal ini dituruti, keinginan untuk mengonsumsi makanan/minuman manis lain bisa muncul.

Konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dan/atau terus-menerus berdampak buruk bagi kesehatan. Risiko berbagai penyakit meningkat jika sugar craving tidak segera ditangani, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kerusakan gigi, kerusakan ginjal, dan penyakit jantung.

Demi menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu membuat batasan jumlah asupan makanan dan minuman manis harian untuk mencegah sugar craving. Anda juga perlu rutin mengonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang.

Cara Mengatasi Sugar Craving

Sugar craving bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup. Beberapa jenis makanan sehat bisa jadi pilihan untuk menggantikan makanan dan minuman manis saat Anda ingin mengongsumsi makanan dan minuman manis. Berikut adalah rinciannya.

  • Buah-buahan jenis beri

Anda bisa memenuhi keinginan makan makanan manis dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami. Buah jenis beri-berian adalah salah satu jenis yang bisa Anda pilih, seperti blueberry, strawberry, dan blackberry.

  • Alpukat

Alpukat punya kandungan serat yang tinggi. Hal ini bisa membuat Anda merasa lebih kenyang cukup lama. Saat Anda kenyang oleh buah ini, keinginan untuk makan makanan manis akan berkurang.

  • Kacang-kacangan

    Wanita memakan kacang kulit (pexels)

Sugar craving bisa diredakan dengan mengonsumsi semua jenis kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan adalah pistachio. Kacang ini punya kandungan portein, serat, dan lemak sehat. Namun, kacang jenis lain pun tidak masalah.

  • Sayuran tak bertepung

Anda juga bisa mengonsumsi sayuran tanpa tepung untuk meredam keinginan makan makanan manis. Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda pilih adalah brokoli, bunga kol, kubis, dan sawi. Beberapa jenis sayuran tersebut punya kandungan serat yang tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran bisa mudah dicerna tubuh secara perlahan sehingga lonjakan kadar gula darah bisa diredam.

  • Oatmeal

Anda bisa memanfaatkan oatmeal untuk meredakan sugar craving. Kandungan serat yang tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Namun, perlu diingat untuk memilih oatmeal yang tidak mengandung gula tambahan. Anda bisa memadukan oatmeal dengan makanan berprotein, seperti telur rebus.

Itulah beberapa hal soal apa itu sugar craving. Untuk mendapatkan info kesehatan yang lain, ikuti terus Era.id

Rekomendasi