Apakah Perm Bisa Merusak Rambut? Simak Penjelasan dalam Artikel Ini Agar Anda Bisa Berhati-hati

| 25 Sep 2023 22:05
Apakah Perm Bisa Merusak Rambut? Simak Penjelasan dalam Artikel Ini Agar Anda Bisa Berhati-hati
Ilustrasi (Unsplash/Ayo Ogunseinde)

ERA.id - Secara garis besar, perm merupakan perawatan dengan bahan kimiawi untuk membuat rambut menjadi ikal permanen. Proses membuat rambut menjadi ikal ini merupakan hal yang menjadi populer di masanya. Pada saat ini, gaya rambut tersebut juga kembali populer dengan sentuhan kontemporer. Namun, apakah perm dapat merusak rambut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Hair Perm

Hair perm adalah proses untuk menjadikan rambut lurus dengan bentuk spiral atau ikal permanen. Perm memanfaatkan bahan kimia untuk memecah dan mengatur ulang ikatan rambut menjadi lebih bergelombang atau ikal.

Pada umumnya, langkah hair perm yaitu rambut dibungkus dengan batang untuk membentuk pola ikal yang dikehendaki pemilik rambut sebelum krim keriting diterapkan untuk mengatur ikal. Selang beberapa menit, krim selanjutnya dibilas dan selanjutnya penetral diterapkan untuk menghentikan proses perming.

Ilustrasi (Unsplash)

Hal yang Membedakan dengan Perm Modern

Teknologi perm masih serupa dengan yang dimanfaatkan pada tahun 80-an dan belum mengalami perkembangan pesat. Namun, yang membedakan dalam proses hair perm modern yaitu gaya potongan rambut setelah hair perm diterapkan.

Anda tentunya bisa mendapatkan rambut keriting yang indah seperti Sarah Jessica Parker, Julia Roberts, atau Lisa Bonet dengan perm. Jadi, potongan rambut seperti  contoh tadi akan membuat Anda terlihat lebih modern, kontemporer dan relevan.

Apakah Perm Dapat Merusak Rambut?

Dalam prosesnya, tentu ada batasan dan ketentuan siapa saja yang bisa mendapatkan perm. Jika rambut sudah sangat di-bleaching atau diwarnai, Anda tidak dapat melakukan hair perm untuk menjadikan rambut Anda agar tetap kuat.

Hair perms akan tentunya akan sangat cocok untuk rambut yang belum pernah dimodifikasi. Hal itu terjadi karena perm akan mengeringkan rambut hingga tingkat tertentu, sehingga memerlukan tingkat kelembapan yang lebih banyak agar bertahan dari panas.

Berapa Lama Perm dapat Bertahan?

Awet atau tidaknya perm tergantung dari seberapa spiral perm rambut yang Anda inginkan. Jika perm yang Anda inginkan adalah ikal yang sangat ketat, ikal tersebut cenderung putus lebih lambat, tetapi garis pertumbuhan akan kembali terlihat lebih jelas.

Jika ikal jauh lebih longgar, garis pertumbuhan kembali akan lebih tidak terlihat, sehingga saat perm tumbuh keluar, rambut terlihat lebih alami. Usia perm rata-rata akan bertahan tiga sampai empat bulan.

Apakah Perm Dapat Dikembalikan ke Rambut Sebelumnya?

Jika Anda sudah menerapkan hair perm, Anda tinggal menunggu rambut tumbuh dan memotong sisa perm agar kembali ke rambut alami.

Lantas Bagaimana Perawatan Setelah Perm?

Aturan paling penting dari perawatan perm yaitu Anda dilarang membasahi rambut setidaknya selama 24 jam setelah hair perm dilakukan. Setelah mempunyai rambut keriting, Anda membutuhkan sampo dan kondisioner yang bersifat lembap untuk menjaga kondisi perm rambut agar tetap stabil.

Nah, demikianlah penjelasan tentang hair perm, dan apakah perm dapat merusak rambut. Bagi Anda yang tertarik dengan proses ini, sebaiknya cari tenaga ahli yang benar-benar profesional, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi