Cara Mencuci Wig Rambut Asli dan Sintetis di Rumah

| 21 Apr 2024 07:04
Cara Mencuci Wig Rambut Asli dan Sintetis di Rumah
Cara mencuci wig rambut (unsplash)

ERA.id - Wig rambut telah menjadi aksesoris pelengkap gaya baik untuk cosplay, menutupi rambut rontok, hingga menutupi rambut botak pasca kemoterapi kanker. Namun tahukah Anda jika terdapat beberapa cara mencuci wig rambut?

Pada artikel ini, akan dibahas panduan lengkap cara mencuci wig rambut, baik wig berbahan rambut asli maupun sintetis. Diharapkan Anda dapat memastikan wig rambut selalu terjaga kebersihan dan keindahannya.

Cara Mencuci Wig Rambut

Baik wig rambut manusia asli atau wig sintetis, memerlukan pembersihan secara teratur dengan sampo dan kondisioner khusus. Anda direkomendasikan mencuci wig minimal sebulan sekali dan lebih sering jika Anda memakainya setiap hari.

Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut ini beberapa langkah mencuri rambut wig asli dan sintetis yang dapat Anda lakukan di rumah:

Cara Mencuci Wig Rambut Sintetis (unsplash)
  1. Cara Mencuci Wig Rambut Asli

Proses mencuci wig rambut asli sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses mencuci rambut asli yang tumbuh alami. Hanya saja prosesnya tidak dilakukan di kamar mandi, berikut langkah-langkahnya:

  • Persiapan

Gunakan sisir gigi berbulu jarang untuk menghaluskan rambut wig sebelum dicuci. Penting untuk berhati-hati agar tidak menarik atau meregangkan serat rambut.

  • Basahkan

Pegang wig Anda dengan satu tangan dan gunakan tangan lainnya untuk menuangkan air hangat ke seluruh rambut. Perlu diketahui, rambut wig hanya perlu basah, tetapi tidak sampai basah kuyup.

  • Keramas

Aplikasikan sedikit sampo ke rambut wig dan pijat sampo ke seluruh rambut. Kemudian bilas rambut hingga bersih, dan perhatikan untuk tidak meremas atau memelintir wig.

  • Kondisioner

Aplikasikan sedikit kondisioner pada rambut dan pijat ke seluruhnya, diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas rambut dengan air hangat hingga air mengalir jernih.

  • Keringkan

Cara termudah untuk mengeringkan wig Anda adalah dengan meletakkannya di stand wig dan diangin-anginkan, tetapi Anda bisa menggunakan pengering rambut pada wig rambut asli. Pastikan untuk mengatur panas pada suhu rendah.

Setelah wig rambut asli Anda kering, Anda bisa menatanya dengan alat pengeriting rambut yang diatur pada suhu rendah.

  1. Cara Mencuci Wig Rambut Sintetis

Tips penting sebelum Anda mulai mencuci wig sintetis adalah selalu ingat bahwa Anda tidak bisa menggunakan pemanas untuk mengeringkan atau menata wig rambut.

  • Persiapan

Gunakan sisir gigi jarang untuk menghaluskan rambut wig sebelum dicuci. Berhati-hatilah untuk tidak menarik atau meregangkan serat rambut.

  • Cara Mencuci

Isi baskom dengan air dingin dan tambahkan sedikit sampo khusus untuk mencuci wig sintetis. Celupkan wig ke dalam air dan diamkan selama beberapa menit.

  • Bilas

Goyangkan wig di dalam air untuk menghilangkan sampo. Usahakan aliran air searah dengan bentuk rambut wig agar rambut tidak kusut. Kemudian, angkat wig dari air dan isi kembali baskom dengan air bersih dan dingin. Goyangkan wig lagi hingga semua sampo terbilas bersih.

  • Gunakan Kondisioner

Kosongkan baskom dan isi dengan air bersih. Tambahkan sedikit kondisioner ke dalam air dan celupkan wig, goyangkan perlahan di dalam air.

  • Keringkan

Serap air pada wig dengan handuk dan letakkan di stand wig atau handuk untuk diangin-anginkan. Jangan gunakan pemanas seperti hair dryer pada wig sintetis.

Setelah wig Anda kering, semprotkan dengan produk pelembut atau penambah kilau rambut. Anda bisa menata wig menggunakan rol rambut atau jari saat masih lembab.

Selain cara mencuci wig rambut, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips wig rambut
Rekomendasi