Makanan Kaya Kolagen yang Bagus Untuk Kesehatan Kulit

| 14 Oct 2023 20:15
Makanan Kaya Kolagen yang Bagus Untuk Kesehatan Kulit
Makanan kaya kolagen (Unsplash)

ERA.id - Makanan kaya kolagen banyak dicari oleh orang yang yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan. Namun, apakah Anda tahu apa itu kolagen dan bagaimana makanan dapat membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh?

Artikel ini akan membahas makanan yang mengandung kolagen alami serta manfaatnya bagi kesehatan dan penampilan Anda. Temukan cara sederhana untuk merawat tubuh Anda dari dalam dengan memasukkan makanan ini ke dalam pola makan sehari-hari.

Apa Saja Makanan Kaya Kolagen?

  1. Ayam

Ayam ada di nomor satu dalam daftar makanan kaya kolagen karena telah menjadi sesuatu yang digemari penyuka daging. Ayam mengandung semua asam amino yang diperlukan oleh tubuh Anda untuk memproduksi kolagen.

Jadi, saat Anda mempertimbangkan apakah ingin menambahkan ayam ke dalam salad atau hidangan pasta Anda, jangan ragu. Hal tersebut karena ayam adalah salah satu makanan yang meningkatkan produksi kolagen.

  1. Buah Jeruk

Salah satu makanan favorit yang kaya kolagen adalah buah jeruk. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali penuh dengan vitamin C dikenal karena banyak manfaatnya.

Salah satu manfaat vitamin C adalah perannya dalam memproduksi prekursor kolagen, dan juga membantu menghubungkan asam amino selama produksi kolagen.

Cobalah memasukkan buah jeruk ke dalam jus dan smoothie buatan sendiri (atau smoothie bowl), salad, atau nikmati sebagai sajian ringan atau hidangan penutup untuk meningkatkan asupan vitamin C dan mendukung tingkat kolagen alami tubuh Anda.

manfaat vitamin C adalah perannya dalam memproduksi prekursor kolagen (unsplash)
  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk kolagen, jadi coba untuk lebih sering mengonsumsinya dalam diet Anda, baik melalui rebusan, sup, bolognese sayuran, atau bahkan salad. Contoh kacang-kacangan meliputi:

●        Kacang arab

●        Kacang merah

●        Kacang hitam

●        Kacang putih

●        Kacang fava

●        Kacang polong

Kacang-kacangan juga secara alami kaya akan protein, yang memungkinkan untuk menyediakan semua asam amino penting yang diperlukan untuk produksi kolagen. Mereka juga menyediakan sumber tembaga dan vitamin C (kacang arab sangat tinggi vitamin C), yang berhubungan dengan bantuan produksi kolagen.

  1. Paprika

Berikutnya dalam daftar makanan kaya kolagen adalah paprika - terutama paprika merah. Bahan-bahan lezat ini tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga mengandung capsaicin, yang merupakan bahan anti-inflamasi yang beberapa penelitian menyarankan dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan.

Untuk itu ubah stir fry, salad, dan saus pasta Anda menjadi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dengan memasukkan paprika merah.

  1.  Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung klorofil, yang memberikan sifat antioksidan, sekaligus meningkatkan prekursor kolagen dalam tubuh. Contoh sayuran hijau meliputi:

●        Bayam

●        Kale

●        Chard

●        Watercress

●        Bok choy

●        Daun Collard

●        Selada

Sayuran juga secara alami mengandung vitamin C dan umumnya dianggap sebagai bagian penting dari diet sehat. Faktanya, segala sesuatu yang berwarna hijau kemungkinan besar akan memberikan manfaat dalam beberapa bentuk, jadi siapkan persediaan makanan hijau untuk membuat salad, jus, dan lainnya.

  1. Kaldu Tulang

Kaldu tulang adalah salah satu makanan yang paling dikenal kaya kolagen, karena dibuat dari tulang daging seperti daging sapi dan ayam, yang merupakan sumber kaya kolagen hewani.

Namun, kaldu tulang bukanlah pilihan jika Anda adalah vegetarian, atau vegan, jadi banyak orang beralih ke suplemen kolagen laut dan tetap mengonsumsi banyak sayuran hijau, buah jeruk, dan kacang-kacangan untuk memastikan mereka tetap mendapatkan manfaat dari makanan kaya kolagen.

Selain makanan kaya kolagen, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi