Berapa Lama Durasi Ereksi yang Normal? Simak Penjelasannya di Sini

| 19 Oct 2023 23:05
Berapa Lama Durasi Ereksi yang Normal? Simak Penjelasannya di Sini
Ilustrasi ereksi. (Istock)

ERA.id - Ereksi adalah sebuah respons normal yang dapat terjadi pada pria ketika menerima rangsangan secara seksual. Ereksi dapat dialami ketika aliran darah mengalir ke penis sehingga menjadikan ukuran dan diameternya menjadi lebih besar dari ukuran awal.  Lantas berapa lama durasi ereksi yang normal? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagi sebagian pria, mungkin beranggapan bahwa semakin lama sanggup ereksi, maka semakin dahsyat pula performanya di atas ranjang. Sebenarnya tidaklah demikian, sebab terdapat indikator mengenai durasi ereksi yang normal pada pria. Dengan penjelasan lain, ereksi yang terlalu singkat atau bahkan terlalu lama justru menandakan masalah kesehatan yang sedang dialami. 

Durasi normal ereksi pada pria, berapa lama?

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap ketahanan dan durasi ereksi pada pria. Mulai dari faktor hormonal, kondisi kesehatan, gaya hidup seperti pola makan, kebiasaan merokok, pengaruh alkohol, dan lain sebagainya.  

Selanjutnya tingkat ketahanan ereksi juga dipengaruhi pada aktivitas tertentu, misalnya sebelum ejakulasi, saat berhubungan seks, hingga ereksi tanpa rangsangan. Namun, ahli medis memperingatkan para pria, jika seseorang mampu ereksi lebih dari 3 hingga 4 jam, karena durasi tersebut dapat disebut abnormal.

Sebab, sebagian pria berpotensi mengalami gangguan yang disebut priapismus, yang tergolong keadaan darurat medis sebab kondisi tersebut berisiko merusak jaringan penis.

Melansir laman Healthnews, di bawah ini adalah durasi ereksi pria yang normal sesuai dengan aktivitas seksual yang dilakukan.

Ilustrasi (Lookstudio/Freepik)

Ereksi dengan rangsangan

Durasi ereksi normal pada pria saat menerima rangsangan seperti saat foreplay atau menonton film porno, sentuhan dan lain sebagainya, secara umum dapat bertahan kurang dari 30 menit. Data dari Healthnews mencatat bahwa rata-rata tingkat ereksi yang disertai rangsangan seksual hanya diperkirakan 7 hingga 13 menit saja.

Ereksi setelah ejakulasi

Tingkat ereksi pria dalam konteks ini disebut periode refraktori, yaitu fase ketenangan seksual setelah pria mengalami ejakulasi. Durasi ereksi normal pada fase ini umumnya berlangsung selama 15-35 menit, selanjutnya penis akan kembali ke ukuran semula. Namun, durasi waktu tersebut masih dapat bervariasi, dapat terjadi lebih cepat atau lebih lama karena kondisinya juga ditentukan oleh faktor usia hingga kondisi fisik pria.

Ereksi singkat

Biasanya masalah fungsi seksual jenis ini dapat dialami dan dideteksi saat berhubungan seks. Pria yang tidak mampu mempertahankan ereksinya dalam durasi normal seperti yang sudah disebutkan di atas, kemungkinan mengalami gejala disfungsi ereksi.

Ereksi tanpa rangsangan

Walaupun tidak disertai rangsangan seksual, pria juga bisa mengalami ereksi karena terjadi secara alami. Contohnya, saat tertidur di malam hari atau saat bangun pagi. Pada umumnya, durasi ereksi normal di fase ini berlangsung sekitar 10 sampai 15 menit per kejadian dan dapat dialami pria saat malam hari hingga 6 kali. Jenis ereksi jenis ini juga tidak lebih lama dari ereksi dengan rangsangan seksual.

Ereksi saat penetrasi

Beberapa studi menyimpulkan bahwa saat penetrasi, rata-rata pria dapat mempertahankan tingkat ereksinya sekitar 14 sampai 18 menit. Namun, fase penetrasi yang terlalu lama, seperti lebih dari 30 menit juga dianggap berlebihan dan mungkin disarankan untuk menjalani pemeriksaan secara medis.

Demikianlah ulasan tentang berapa lama durasi ereksi yang normal, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi