Jenis Golongan Darah Terlangka yang Ada di Dunia

| 23 Oct 2023 17:05
Jenis Golongan Darah Terlangka yang Ada di Dunia
Ilustrasi golongan darah langka (Freepik/Rawpixel)

ERA.id - Pada umumnya, jenis golongan darah langka diketahui hanya dimiliki oleh jenis golongan darah AB. Namun, ternyata ada jenis golongan darah terlangka lainnya. Bahkan jenis golongan darah langka ini hanya dimiliki oleh beberapa orang dari seluruh dunia.

Jenis golongan darah langka ini bisa jadi terdengar seperti perumpamaan seperti saat kita mendengar istilah darah biru. Namun, jenis golongan darah langka ini ternyata adanya. Lantas ada berapa dan apa saja jenis golongan darah terlangka yang perlu kita ketahui? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ilustrasi donor darah. (Wikimedia Commons/Senior Airman Shane Karp)

Golden Blood/Rhnull Blood

Jenis golongan darah langka Golden blood atau Rhnull Blood hanya dimiliki beberapa orang saja. Orang yang mempunyai jenis golongan darah langka ini harus rutin untuk mendonorkan darahnya dan selanjutnya disimpan. Penyimpanan ini ditujukan untuk berjaga-jaga jika pada suatu waktu orang yang memiliki jenis golongan darah langka ini harus menjalani transfusi darah. Hal yang istimewa dari jenis golongan darah langka ini adalah dapat ditransfusikan kepada orang yang memiliki golongan darah lainnya.

McLeod

Darah dengan fenotif McLeod dianggap sebagai sebuah hal yang sangat jarang terjadi, dan itulah yang menjadikan McLeod tergolong ke dalam kategori jenis golongan darah langka. Golongan darah langka ini adalah anomali dari sistem penggolongan darah Kell yang mengelompokkan darah menggunakan antigen K, k, dan Kp. Jenis antigen ini dapat ditemukan dalam protein Kell.

Dalam proses transfusi, antigen ini juga menjadi faktor penting. Darah dengan fenotif McLeod tidak dapat dideteksi hanya dengan memanfaatkan alat pemeriksaan darah seperti pada umumnya. Pendeteksian jenis golongan darah langka ini harus menggunakan alat khusus yang hanya tersedia di laboratorium.

Bombay

Jenis golongan darah langka ini ditemukan pertama kali pada tahun 1952 di Bombay, India. Sebenarnya jenis golongan darah langka ini bukanlah jenis golongan darah baru.

Jenis golongan darah langka ini adalah isolasi dari bentuk anomali golongan darah O. Golongan darah Bombay termasuk jenis golongan darah dengan fenotipe hh, atau dengan kata lain mereka tidak mengekspresikan antigen H, di mana antigen H adalah antigen yang terbaca sebagai golongan darah O.

Dalam dunia kedokteran, dapat dikatakan orang yang mempunyai golongan darah Bombay sangat jarang, itulah mengapa golongan ini merupakan jenis golongan darah langka. Perbandingan pemilik golongan ini yaitu 1:10 ribu di ras Asia dan 1:1 juta di ras kaukasia. Di wilayah Indonesia sendiri, kasus orang yang mempunyai golongan darah Bombay pertama kali ditemukan tahun 1978.

Pada umumnya, jenis golongan darah langka ini dikarenakan adanya proses perkawinan sedarah. Orang yang mempunyai jenis golongan darah langka bertipe bombay ini, hanya dapat menerima transfusi darah dari orang yang memiliki jenis golongan darah yang sama. Sebab jika tidak, dapat mengakibatkan aglutinasi atau penggumpalan dalam darah pemilik tipe Bombay tersebut.

Duffy

Jenis golongan darah langka ini diberi istilah Duffy. Jenis golongan darah langka ini pertama kali ditemukan pada tahun 1920 di sekitar benua Afrika.

Golongan darah ini ditemukan karena para penduduk berkulit hitam ternyata mempunyai kekebalan terhadap jenis penyakit malaria. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap jenis golongan darah langka tersebut, ternyata dalam darah mereka terkandung antigen Duffy. Hal yang membuat unik yaitu jenis darah ini hanya dapat ditemukan pada orang-orang yang mempunyai kulit hitam dan sulit ditemukan pada ras lainnya, misalnya ras kaukasia ataupun ras Asia.

Diego

Jenis golongan darah langka diego ditemukan pada kromosom 17. Jenis golongan darah langka ini dibentuk oleh 21 antigen.

Pada umumnya, jenis golongan darah ini ditemukan pada masyarakat asli Amerika. Beberapa golongan masyarakat yang mempunyai jenis golongan darah langka ini antara lain suku Indian dan ras hispanik serta ras dari Asia Timur.

Jenis golongan darah langka ini pertama kali ditemukan pada tahun 1953 di Venezuela. Diketahui pertama kali saat ditemukan seorang bayi yang meninggal karena perdarahan selama tiga hari setelah dilahirkan. Bayi tersebut juga tidak mampu menerima berbagai jenis transfusi darah.

Ketika diteliti oleh para ilmuwan, ternyata bayi tersebut merupakan bayi yang mempunyai darah keturunan suku asli Amerika dan memiliki jenis antigen yang sangat berbeda dengan darah orang normal pada umumnya.

Demikianlah ulasan tentang jenis golongan darah terlangka yang ada di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi