Benarkah Golongan Darah Dapat Menentukan Kepribadian, Begini Faktanya

| 15 Jul 2023 08:25
Benarkah Golongan Darah Dapat Menentukan Kepribadian, Begini Faktanya
Benarkah golongan darah dapat menentukan kepribadian (unsplash)

ERA.id - Pertanyaan mengenai benarkah golongan darah dapat menentukan kepribadian telah menjadi topik perdebatan yang kontroversial. Beberapa orang meyakini bahwa golongan darah dapat memberikan petunjuk tentang sifat-sifat kepribadian seseorang.

Sementara itu, pendapat yang lain menganggap sifat dan golongan daran sebagai mitos tanpa dasar ilmiah. Golongan darah dikaitkan dengan kepercayaan tradisional di beberapa budaya.

Meskipun beberapa penelitian telah dilakukan untuk menyelidiki hubungan antara golongan darah dan kepribadian, bukti ilmiah yang kuat masih terbatas.

Benarkah Golongan Darah Dapat Menentukan Kepribadian

Menurut penjelasan dari profesor Furukawa yang dilansir oleh laman AI Care, konsep ketsueki-gata menyatakan bahwa golongan darah A, B, O, dan AB memiliki kepribadian yang unik berdasarkan antigen dan molekul di permukaan sel darah merah.

Hubungan gologan darah dan kepribadian dikemukakan oleh Profesor Furukawa (unsplash)

Pendukung konsep ini meyakini bahwa golongan darah dapat memberikan petunjuk tentang sifat-sifat kepribadian seseorang. Sebagai contoh, golongan darah A dikatakan memiliki sifat-sifat positif seperti kreativitas, kepandaian, dan kerja sama, namun juga memiliki sifat negatif seperti keras kepala dan selalu tegang.

Di sisi lain, orang dengan golongan darah B seringkali dianggap sebagai tipe yang populer, kreatif, dan memiliki keinginan yang kuat, namun bisa sulit diatur, egois, dan kurang bertanggung jawab.

Golongan darah AB, sebagai perpaduan antara A dan B, dikatakan memiliki karakteristik yang rumit, seperti ramah namun pemalu. Golongan darah O, dianggap sebagai "prajurit" oleh orang Jepang, memiliki kepribadian yang ramah, giat, berani, namun kadang terlihat seperti orang yang egois dan memiliki sikap yang dingin dan arogan.

Meskipun konsep ini menarik, penting untuk dicatat bahwa tidak ada konsensus ilmiah yang kuat yang mendukung hubungan antara golongan darah dan kepribadian. Bukti ilmiah yang menyeluruh masih terbatas dan kontroversial dalam hal ini.

Oleh karena itu, informasi ini perlu diperlakukan dengan sikap skeptis dan diimbangi dengan pengetahuan lebih lanjut dari penelitian ilmiah yang lebih luas dalam memahami kepribadian manusia.

Selain benarkah golongan darah dapat menentukan kepribadian, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi