Bolehkah Memasak Beras Merah Dicampur Beras Putih? Simak Penjelasannya

| 26 Nov 2023 12:00
Bolehkah Memasak Beras Merah Dicampur Beras Putih? Simak Penjelasannya
Ilustrasi (David Gabrielyan/Unsplash)

ERA.id - Saat ini, dalam menjalani gaya hidup sehat, konsumsi beras merah menjadi sumber karbohidrat kompleks yang dipilih orang banyak. Beras merah memang lebih kaya serat, rendah gula dan juga kalori daripada nasi putih biasa. Namun, sebagian orang seringkali mengeluhkan tekstur beras merah yang terasa keras hingga kurang nikmat saat dikonsumsi. Itulah sebabnya banyak yang mencampurkan beras merah dan beras putih. Namun, bolehkah memasak beras merah dicampur beras putih?

Seorang peneliti, Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar, mengatakan, mencampur beras merah dengan beras putih saat memasak dapat menghilangkan sebagian manfaat dari beras merah itu sendiri.

"Nasi putih karbohidratnya dan gulanya tinggi. Tujuan makan nasi merah kan untuk menghindari kandungan gula yang tinggi, kalau dicampur sebaiknya jangan karena bisa mengurangi manfaatnya," jelasnya.

Lantas bagaimana cara memasak beras merah yang benar? Untuk info selengkapnya, ikuti ulasan di bawah ini.

Ilustrasi indeks glikemik jenis beras untuk diabetes (Pexels/Suzy Hazelwood)

Cara memasak beras merah yang tepat

Karena terdapat kandungan gizi yang baik dalam beras merah, tentunya kita juga harus memahami cara memasak nasi agar tetap pulen, nikmat dan nutrisinya tidak hilang setelah proses pemasakan. Prof Ali memberikan beberapa tips saat memasak beras merah:

Cuci beras

Anda boleh tidak mencuci beras merah terlebih dahulu. Namun, jika khawatir berasnya kotor, maka proses pencucian dapat dilakukan. "Satu kali pencucian juga sudah cukup," kata Prof Ali.

Pada umumnya, agar lebih mudah mekar dan tidak bertekstur keras atau kering, beras merah membutuhkan proses perendaman sekitar 2-4 jam sebelum dimasak. Namun, Prof Ali menjelaskan, jika menggunakan beras berkualitas, ada beberapa varietas beras merah yang tidak perlu melalui proses perendaman.

Takaran memasak agar pulen

Agar tekstur nasi merah menjadi kenyal, saat memasak 1 cangkir beras merah (200 gram), maka air yang digunakan adalah 2 1/2 gelas (400-500 ml) untuk membuat tekstur nasi merahnya lembut dan pulen. Perbandingan yang ideal pada umumnya yaitu sekitar 1:2. Adapun jika Anda suka tekstur yang lebih lunak, takaran airnya bisa ditambahkan lebih banyak dengan perbandingan 1:4.

Dimasak seperti biasa

Pada saat memasak nasi, sebenarnya tak ada perbedaan yang signifikan. Sebab, saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan rice cooker agar proses memasak nasi menjadi lebih singkat.

"Jika sudah sesuai takaran yang dibutuhkan, masak beras merah di penanak nasi (rice cooker) pada umumnya," ujarnya.

Namun, saat Anda mengolah beras merah secara tradisional, Anda perlu mendiamkan selama beberapa menit saat proses perebusan (tidak langsung ditanak) dengan menurunkan panas kompor. Cara ini dilakukan agar airnya meresap sempurna dan tidak menjadikan teksturnya keras.

Nasi merah siap dikonsumsi

Beras merah yang sudah matang siap disajikan dengan berbagai pilihan lauk atau pendamping sesuai dengan keperluan. Anda bisa menyimpannya seperti nasi putih, dapat ditempatkan pada alat penanak nasi (magic com) atau piring saji biasa.

Demikianlah ulasan tentang bolehkah memasak beras merah dengan dicampur beras putih beserta cara memasaknya. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi