Aman Makan Gorengan, Saran Ahli Gizi Memlih Minyak Nabati Untuk Dikonsumsi

| 08 Dec 2023 17:35
Aman Makan Gorengan, Saran Ahli Gizi Memlih Minyak Nabati Untuk Dikonsumsi
Ilustrasi gorengan (Unsplash/Marika Sartori)

ERA.id - Minyak nabati atau minyak goreng yang secara umum dikenal masyarakat di Indonesia memegang peranan penting sebagai cooking essentials dan juga asupan nutrisi sehari-sehari yang melekat pada budaya kuliner tanah air yang kaya dan unik, terutama dalam pengolahan makanan menjadi gorengan yang sangat bervariasi dari daerah satu ke daerah lain.

Dokter gizi, Dr. Yohan Samudra, Sp.GK., mengatakan, masyarakat harus bijak dalam memilih bahan, termasuk minyak nabati yang digunakan. Dibutuhkannya minyak nabati atau minyak goreng unggulan yang mendukung gaya hidup sehat diverifikasi.

"Pada umumnya kebiasaan makan sehari-hari masyarakat Indonesia banyak diolah dengan minyak dan santan. Memang terdapat peningkatan signifikan dalam kesadaran hidup sehat dimana banyak yang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan melalui gaya hidup yang seimbang, termasuk pola makan sehat, olahraga teratur, dan manajemen stres. Pergeseran ini didukung oleh aksesibilitas informasi kesehatan dan tren kebugaran. Namun pada kenyataannya Indonesia dikenal sebagai negara dengan konsumsi domestik minyak goreng tertinggi di dunia. Itulah sebabnya kandungan gamma oryzanol pada minyak gooreng bisa memberi manfaat baik bagi mereka yang ingin menikmati gorengan bergizi," ungkapnya dalam acara peluncuran Sania Royale Rice Bran Oil baru-baru ini di Jakarta.

Di sisi lain, terdapat juga studi yang menunjukkan adanya ‘perburukan’ kebiasaan makan pada generasi muda dan dewasa saat ini. Kebiasaan itu seperti menyukai fast food atau processed food, kurangnya edukasi diri tentang kandungan gizi bahan makanan yang diasup, pengaruh tren makanan di sosial media, gaya hidup sedentary, sering emotional eating, dan berbagai kebiasaan kurang baik lainnya. Kebiasaan makan ini dapat menciptakan resiko kesehatan metabolic syndrome seperti bertambahnya lemak visceral dan subkutan, resiko serangan jantung dan stroke, diabetes, gagal ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Minyak bekatul murni, yang diekstrak dari lapisan kulit beras, merupakan sumber yang kaya gamma oryzanol. Gamma oryzanol adalah kelompok senyawa fitosterol yang ditemukan secara alami dalam beras, terutama dalam bagian kulit beras dan lapisan aleuron (lapisan tipis di antara bagian luar dan dalam butir beras).

“Gamma oryzanol adalah senyawa yang ditemukan dalam minyak beras dimana kandungan ini memiliki beberapa manfaat yang membuat asupan minyak yang mengandung gamma oryzanol menjadi penting dalam konteks kesehatan. Contohnya Gamma oryzanol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat). Ini dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid secara keseluruhan,” papar Dokter Yohan.

Dokter Yohan juga mengungkap bahwa bahwa kandungan vitamin E yang tinggi pada gamma oryzanol membuatnya memiliki sifat antioksidan maka dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh membantu mencegah kerusakan sel dan berbagai penyakit degeneratif. Penting untuk diingat bahwa sumber vitamin E dalam gamma oryzanol mungkin bervariasi tergantung pada kualitas dan pengolahan minyak beras yang digunakan sehingga memiliki lebih banyak nutrisi, termasuk vitamin.

Inilah yang dipercaya bahwa menggoreng masakan sesungguhnya bisa saja baik asal bijak dalam memilih bahan, termasuk minyak nabati yang digunakan.

"Kehadiran Sania Royale Rice Bran Oil adalah salah satu alternatif solusi bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan pola hidup dan makan sehat, tetap bisa mengkonsumsi gorengan sembari wujudkan #SehatTanpaBatasan," kata Nuri Rialen selaku Head of Marketing Sania Royale.

Rekomendasi