Mengatur Porsi Makanan dan Asupan Gizi Seimbang untuk Cegah Stunting, Begini Caranya

| 27 Jun 2024 18:50
Mengatur Porsi Makanan dan Asupan Gizi Seimbang untuk Cegah Stunting, Begini Caranya
Ilustrasi ibu hamil mengatur porsi makan (Freepik)

ERA.id - Orangtua khususnya ibu hamil memiliki peran penting untuk mencegah stunting. Salah satu caranya bisa dengan mengatur porsi makan dan memerhatikan asupan gizi seimbang untuk buah hati.

 "Selama hamil dan menyusui, ibu juga perlu menambah jumlah makanan yang dikonsumsi. Diusahakan makannya dua porsi lebih banyak," jelas ahli gizi dari Puskesmas Slawi, Kabupaten Tegal, Heny Erawati, S.KM, dalam seminar rangkaian penyelenggaraaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024, di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Khusus untuk ibu hamil, menambah porsi makan setidaknya dua kali lebih banyak bertujuan agar kebutuhan nutrisi ibu dan janin dapat terpenuhi. Sebab, jika porsi makan tidak dimodifikasi, asupan gizi yang diterima ibu dan janin bisa jadi kurang optimal. 

"Porsi makan kecil tapi sering, dan usahakan porsi makan minimal empat kali (sehari)," tambah dia.

Penambahan porsi makan itu pun, tentunya perlu diseimbangkan  dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti dalam panduan Isi Piringku.

Isi Piringku sendiri merupakan program bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi. Hal ini ditunjukkan untuk mencegah stunting pada anak. 

Ibu hamil, kata Heny,  ibu hamil perlu memahami asupan nutrisi seimbang yang meliputi karbohidrat, protein hewani, nabati dan sayuran hijau yang mengandung zat besi. 

"Ibu hamil jangan sampai kekurangan zat besi, supaya tidak terjadi anemia dan Hb-nya (Hemoglobin) tetap stabil," pungkasnya. 

Rekomendasi