Berbagai Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Anak Demam, Ketidaktahuan Bisa Berakibat Buruk

| 20 Dec 2023 22:00
Berbagai Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Anak Demam, Ketidaktahuan Bisa Berakibat Buruk
Ilustrasi anak demam (pexels)

ERA.id - Demam sangat tidak nyaman dan mengganggu produktivitas, apalagi jika dialami oleh anak-anak. Saat demam, anak jadi tidak nafsu makan, rewel, sulit tidur, dan lemas. Hal ini membuat orang tua sangat khawatir.

Kesembuhan anak memang utama, tapi orang tua harus menyikapi demam anak dengan bijak tanpa kepanikan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan saat anak demam.

Ini harus jadi perhatian. Orang tua kadang melakukan penanganan yang kurang tepat kepada anak yang demam. Salah penanganan demam tidak mendatangkan kebaikan, malah berisiko menyebabkan komplikasi.

Berbagai Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Anak Demam

Sebenarnya, demam adalah respons alami tubuh saat melawan infeksi virus, bakteri, atau parasit. Peningkatan suhu tubuh menjadi salah satu tanda bahwa tubuh berfungsi dengan baik dan memiliki pertahanan untuk melawan infeksi.

Meski demikian, orang yang sedang demam butuh perawatan atau penanganan karena demam memberikan rasa yang tidak nyaman. Penanganan itu juga harus tepat agar tidak memperburuk kondisi kesehatan. Berikut adalah hal-hal yang tak boleh dilakukan saat anak demam.

  • Pakaian atau selimut tebal

Anak yang demam biasanya menggigil. Hal yang umum dilakukan adalah memberikan selimut atau pakaian tebal kepada anak agar tidak kedinginan. Ini adalah hal yang salah!

Menurut Stanford Medicine, selimut atau pakaian yang terlalu tebal dapat menangkap panas sehingga suhu tubuh malah semakin tinggi. Hal yang bisa dilakukan adalah memberikan pakaian yang tipis dan bisa menyerap keringat kepada anak agar panas terbebas dari tubuhnya.

Ilustrasi memakaikan pakaian dan selimut tebal ke anak demam (pexels)
  • Kompres es atau alkohol

Anak demam tidak boleh dikompres dengan es (kompres dingin), alkohol, atau memandikannya dengan air dingin. Sebagian orang beranggapan bahwa panas tubuh harus dilawan dengan suhu dingin sehingga diberilah es.

Hal ini adalah pemikiran yang keliru. Kompres dingin memang akan menurunkan suhu tubuh, tapi hal tersebut akan terjadi dengan terlalu cepat dan nantinya suhu tubuh akan kembali naik.

  • Memaksa makan

Anak yang demam biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Namun, orang tua sebaiknya tidak memaksa anak untuk makan, bahkan dengan alasan agar cepat sembuth.

Hal yang lebih dibutuhkan adalah cairan sebab anak demam lebih mudah kehilangan cairan. Jadi, orang tua sebaiknya memastikan anak selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Orang tua juga bisa memberikan jus buah atau jus sayur untuk asupa nutrisi.

  • Menyuruh anak tetap beraktivitas

Demam menunjukkan bahwa tubuh orang tersebut butuh istirahat yang cukup atau lebih banyak. Dengan demikian, jangan paksa anak tetap beraktivitas seperti biasa saat mereka sedang demam. Biarkan anak mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak dan berkualitas.

Istirahat dan tidur yang baik akan membuat sistem kekebalan tubuh anak berfungsi lebih baik saat melawan infeksi. Dengan demikian, anak bisa sembuh lebih cepat.

Kami juga telah menulis artikel soal cara mengatasi kecemasan saat anak sakit. Baca tulisan tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Itulah berbagai hal yang tak boleh dilakukan saat anak demam. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi