Urutan Skincare Pria yang Harus Anda Ketahui, Jangan Salah!

| 06 Feb 2023 19:25
Urutan Skincare Pria yang Harus Anda Ketahui, Jangan Salah!
Ilustrasi (Safia Sakil/Unsplash)

ERA.id - Tidak berbeda dengan wanita, kulit wajah pria pun membutuhkan skincare atau perawatan wajah secara rutin agar tetap mendapatkan nutrisi. Adapun kunci dari perawatan kulit wajah yaitu konsisten. Hasil yang memuaskan tentunya tidak bisa didapatkan dari 2 atau 3 kali pemakaian skincare. Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah urutan penggunaan produk skincare, karena ikut mempengaruhi hasil perawatan yang Anda lakukan. Lantas, bagaimana urutan skincare pria yang tepat? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Kondisi Jenis Kulit

Sebelum mengetahui rangkaian urutan penggunaan produk skincare, Anda harus mengenali kondisi jenis kulit Anda terlebih dahulu. Jenis kulit yang paling umum dimiliki kebanyakan orang antara lain jenis kulit kering, berminyak, dan normal.

Selain harus memahami kondisi jenis kulit, Anda juga harus “peka” terhadap apa yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Anda harus memperhatikan permasalahan kulit yang muncul, entah itu jerawat, flek hitam, atau tanda penuaan. Hal ini wajib untuk diketahui agar Anda dapat menentukan produk yang cocok dan efektif digunakan untuk kulit Anda.

Jika kulit Anda mulai memperlihatkan tanda penuaan, Anda harus mencari produk yang di dalamnya terdapat kandungan retinol. Sedangkan jika kulit Anda memiliki flek hitam, maka produk yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut yaitu produk yang memiliki kandungan vitamin C atau kojic acid.

Urutan Skincare Pria

Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Jika sudah mengetahui semua identitas kulit Anda, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah langkah penggunaan produk skincare atau urutan penggunaan skincare.

Adapun 5 langkah penggunaan skincare tersebut antara lain:

1. Mencuci Wajah

Setelah beraktivitas seharian penuh, tentunya kotoran dan bakteri melekat pada wajah Anda. Dengan membilas kulit wajah, Anda dapat menyingkirkan bakteri yang menempel tersebut. Selain itu, mencuci wajah juga penting dilakukan untuk membasuh sisa produk seperti tabir surya yang masih menempel. Sebab, jika dibiarkan, sebum dan kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik akan berpotensi menjadi jerawat dan bisa memunculkan berbagai permasalahan baru.

Namun, Anda harus berhati-hati juga, sebab mencuci wajah secara berlebihan juga berpotensi membuat kulit Anda menjadi kering. Mencuci wajah yang ideal cukup dilakukan pada pagi dan malam hari.

Anda hanya perlu membasuh wajah dan menggosokkan kedua tangan yang sebelumnya sudah dilumuri oleh produk pembersih wajah ke seluruh bagian wajah. Selanjutnya, lakukan gerakan memutar minimal 30 detik.

Setelahnya, bilas wajah menggunakan air mengalir. Untuk mengeringkan wajah, hindari dengan penggunaan handuk badan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri. Anda disarankan untuk menggunakan handuk khusus untuk wajah.  

2. Menggunakan Toner

Penggunaan toner menjadi salah satu langkah yang tidak dapat dilewatkan. Seperti yang kita tahu, kebanyakan pria juga berurusan dengan jerawat, inner growth hair, bahkan tanda penuaan. Biasanya toner diaplikasikan dengan memanfaatkan sebuah kapas yang sebelumnya sudah dituangkan produk. Selanjutnya kapas tersebut digosokkan ke seluruh wajah dan leher. Selain cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan cara lainnya, yaitu dengan menuangkannya ke tangan dan menepuk-nepuk ke bagian wajah secara halus.

3. Menggunakan Serum

Serum merupakan produk berkonsistensi gel atau lotion ringan yang memiliki kandungan konsentrasi zat aktif tinggi. Jika Anda berniat menutrisi kulit secara maksimal, maka serumlah jawabannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentukan serum yang memiliki kandungan senyawa sesuai untuk permasalahan kulit Anda.

Jika kulit Anda terasa kering, carilah serum yang mengandung hyaluronic acid. Sedangkan untuk menghilangkan garis halus dan tanda penuaan, pastikan serum yang dibeli mengandung retinol. Adapun jika Anda ingin menghilangkan permasalahan kulit kusam, cobalah serum yang mengandung vitamin C dengan intensitas yang tinggi.

Terakhir, jika Anda mencari serum yang efektif untuk kulit berjerawat, gunakan serum yang mengandung salicylic acid sebab kandungan ini berfungsi untuk menghilangkan sumbatan pori-pori.

4.  Gunakan Krim Mata 

Kulit di bawah mata merupakan bagian tertipis pada kulit Anda. Pada umumnya, bawah mata mempunyai masalah seperti kantung mata dan garis halus. Untuk menyingkirkan semua permasalahan itu, Anda dapat menggunakan produk krim mata (eye cream). Cara penggunaannya juga mudah, Anda cukup mengambil produk secukupnya pada ujung jari dan ratakan pada bagian bawah mata Anda dengan cara di tepuk-tepuk secara perlahan.

5. Gunakan Pelembab/Sunscreen

Pada pagi hari, sebelum bepergian keluar rumah, gunakan pelembap yang memiliki kandungan suncsreen atau Sun Protection Formula (SPF). Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan perlindungan bagi kulit Anda dari radiasi UVA dan UVB yang terkandung pada sinar matahari. Sedangkan pada malam hari, Anda harus memanfaatkan pelembab yang berbeda. Pada malam hari, gunakan pelembab yang mengandung bahan aktif untuk memberikan nutrisi bagi kulit Anda saat tidur. Sebab, kulit meregenerasi dua kali lebih cepat pada malam hari.

Demikianlah penjelasan mengenai urutan skincare pria yang dapat dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi