Fungsi Gigi Bungsu yang Harus Diketahui

| 29 Jan 2024 21:26
Fungsi Gigi Bungsu yang Harus Diketahui
Ilustrasi (Unsplash/Rudi Fargo)

ERA.idGigi bungsu merupakan gigi geraham terakhir yang umumnya tumbuh di usia 17 – 25 tahun. Pertumbuhan gigi bungsu kerap kali memunculkan masalah karena ruang gusi terbatas, sehingga gigi tumbuh secara terhimpit atau tumbuh hanya sebagian saja. Adapun untuk kasus yang parah, gigi bungsu yang tumbuh diikuti rasa nyeri dan menimbulkan masalah pada gigi. Lantas apa fungsi gigi bungsu?

Pertumbuhan Gigi Bungsu Sebabkan Nyeri?

Gigi manusia tentunya tumbuh secara bertahap. Mulai dari usia 6 bulan (gigi pertama muncul) sampai usia 20-an (gigi bungsu tumbuh). Walaupun seringkali diikuti demam, pertumbuhan gigi di usia bayi dan kanak-kanak pada umumnya tidak disertai rasa nyeri sebab masih banyaknya ruang pada gusi untuk gigi tumbuh. Namun seiring banyaknya gigi yang tumbuh, ruang gusi semakin menyempit dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk pertumbuhan gigi yang terakhir. Kondisi ini yang mengakibatkan pertumbuhan gigi bungsu sering kali tumbuh miring dan menimbulkan gejala seperti nyeri, demam, serta pembengkakan gusi.

Posisi pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna dapat menimbulkan penimbunan plak, sehingga risiko terjadinya masalah gigi akan semakin meningkat. Mulai dari pembusukan gigi, perikoronitis (infeksi jaringan lunak di sekitar gigi), abses gigi, dan selulitis (infeksi lapisan dalam yang menyerang tenggorokan, lidah dan pipi). Pada kasus yang jarang terjadi, penimbunan plak berisiko dapat mengakibatkan kista, dan tumor pada gusi. Anda perlu segera bicara pada dokter jika pertumbuhan gigi bungsu menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan. Sebab, jika gigi bungsu tumbuh terlalu miring dan juga membahayakan gigi dan gusi, gigi bungsu yang baru tumbuh harus dicabut.

Gigi Bungsu Tumbuh Miring (Gambar bestdentistinhouston)

Fungsi Gigi Bungsu: Menjaga Keselarasan Gusi

Saat tumbuh, biasanya ada empat gigi geraham bungsu yang muncul untuk membuat tatanan gigi dan gusi menjadi selaras. Selain itu, gigi bungsu juga membantu proses mengunyah makanan dan mencegah gigi mengalami keausan. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini adalah jenis dan fungsi gigi selain gigi bungsu yang harus kita ketahui:

  • Gigi taring, yakni gigi paling tajam dan digunakan untuk merobek makanan. Jumlahnya ada 2, yakin 1 di atas dan 1 di bawah. Pertama kali muncul antara usia 16 - 20 bulan.
  • Gigi seri. Jumlah gigi seri adalah 8, dengan rincian 4 di atas dan 4 di bawah. Gigi ini berfungsi untuk menggigit makanan. Pertama kali muncul di usia 6 bulan.
  • Gigi geraham, untuk mengunyah dan menggiling makanan. Jumlahnya ada 8, yaitu 4 di atas dan 4 di bawah. Pertama kali muncul di antara usia 12 - 28 bulan. 
  • Gigi premolar, berguna untuk mengunyah dan menggiling makanan. Ada 8 buah gigi premolar, antara lain 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Gigi premolar pertama kali muncul di usia 10 tahun, sementara gigi premolar kedua muncul sekitar 1 tahun setelahnya.

Demikianlah fungsi gigi bungsu yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi