Waktu yang Tepat Cabut Gigi Bungsu Alasan Mengapa Perlu Mencabut

| 08 May 2024 22:09
Waktu yang Tepat Cabut Gigi Bungsu Alasan Mengapa Perlu Mencabut
Waktu yang tepat cabut gigi bungsu (unsplash)

ERA.id - Gigi bungsu kerap kali menimbulkan masalah bagi sebagian orang, mulai dari rasa sakit hingga infeksi. Oleh karenanya, banyak orang yang bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat cabut gigi bungsu tersebut.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa faktor, seperti kondisi gigi bungsu, usia, dan risiko kesehatan terkait dengan pencabutan gigi bungsu.

Mengapa Perlu Mencabut Gigi Bungsu?

Sebagian orang akan mengalami hal berikut: Dokter gigi saya menyarankan untuk mencabut gigi bungsu saya. Tapi gigi bungsu saya tidak menimbulkan masalah. Apakah saya perlu mencabut gigi bungsu?

Gigi bungsu tepatnya geraham ketiga di bagian belakang mulut, mungkin tidak perlu dicabut jika sehat, tumbuh penuh, berada di posisi yang tepat, dan memiliki gigitan yang pas.

Namun, gigi bungsu seringkali tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh dengan baik, dan dapat menimbulkan masalah. Gigi bungsu bisa tumbuh dengan berbagai sudut di rahang, bahkan terkadang horizontal.

Masalah yang Dapat Ditimbulkan oleh Gigi Bungsu (unsplash)

Masalah yang Dapat Ditimbulkan oleh Gigi Bungsu

  • Gigi tetap terbenam seluruhnya di dalam gusi

Jika tidak bisa tumbuh dengan cara biasa, gigi bungsu akan terperangkap di dalam rahang. Ini disebut gigi bungsu impaksi. Terkadang hal ini dapat menyebabkan infeksi atau menyebabkan kista yang dapat merusak akar gigi atau penyangga tulang lainnya.

  • Tumbuh sebagian saja menembus gusi

Karena bagian belakang mulut sulit dilihat dan dibersihkan, gigi bungsu yang tumbuh sebagian dapat menciptakan jalur bagi bakteri untuk masuk ke dalam gusi. Hal ini dapat menyebabkan penyakit gusi dan infeksi.

Selain itu, gigi bungsu yang tumbuh sebagian melalui gusi juga bisa berlubang, yang tidak bisa diperbaiki dengan tambalan dan oleh karena itu harus dicabut.

  • Menimpa gigi di sekitarnya

Jika gigi bungsu tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh dengan baik, mereka dapat mendesak atau merusak gigi di sekitarnya.

Kapan Waktu yang Tepat Cabut Gigi Bungsu?

Dilansir dari Mayo Clinic, beberapa dokter gigi menyarankan untuk mencabut gigi bungsu jika tidak tumbuh sempurna.

Dalam banyak kasus, mencabut gigi bungsu saat dewasa muda atau umumnya berusia 15 hingga 22 tahun lebih aman. Hal tersebut lantaran mencabut akan lebih mudah, dan membutuhkan pemulihan lebih sedikit daripada mencabut gigi bungsu di kemudian hari.

Waktu tersebut menjadi “golden age” karena pada usia 15-22 tahun akar gigi belum sepenuhnya terbentuk, tulang rahang kurang padat, dan pemulihan dari operasi umumnya lebih cepat.

Berdasarkan alasan inilah yang membuat beberapa dewasa muda mulai mencabut gigi bungsu mereka sebelum gigi tersebut menimbulkan masalah.

Sementara itu, menurut American Dental Association, Anda mungkin perlu mencabut gigi bungsu jika Anda mengalami:

  • Nyeri di dalam atau di sekitar gigi bungsu.
  • Infeksi berulang pada jaringan lunak di belakang gigi bawah terakhir.
  • Kantung berisi cairan yang disebut kista.
  • Tumor.
  • Kerusakan pada gigi di sekitarnya.
  • Penyakit gusi.
  • Kerusakan gigi yang meluas.

Memutuskan apakah atau kapan gigi bungsu harus dicabut memang tidak selalu mudah. Untuk itu, bicarakan dengan dokter gigi atau ahli bedah mulut Anda tentang apa yang terbaik untuk Anda.

Selain waktu yang tepat cabut gigi bungsu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi