Makanan Diet untuk Golongan Darah O, Jangan Sampai Salah!

| 04 Feb 2024 22:02
Makanan Diet untuk Golongan Darah O, Jangan Sampai Salah!
Ilustrasi makanan diet untuk golongan darah O. (Freepik/Jcomp)

ERA.id - Memiliki bentuk tubuh ideal dan nyaman merupakan keinginan sebagian besar orang. Tubuh yang ideal dan nyaman tentu saja menjadi dukungan besar terhadap tubuh yang sehat. Berbagai macam diet dapat dipilih, terutama diet golongan darah yang sampai saat ini masih poluler, begitu pula golongan darah O. Kali ini kita akan membahas makanan diet untuk golongan darah O.

Diet golongan darah ini dipopulerkan oleh naturopath Peter J. D'Adamo. Diet golongan darah dimaksudkan untuk menjaga kesehatan dan menurunkan risiko pengembangan penyakit tertentu.

Menurut diet golongan darah, makanan tertentu harus dimakan atau dihindari dalam kelompok golongan darah O untuk kesehatan diet terbaik.

Makanan Diet untuk Golongan Darah O

Berdasarkan teori diet golongan darah, orang dengan golongan darah O dapat melakukan diet dengan hasil yang baik melalui latihan fisik yang intens dan protein hewani, sementara makanan yang harus dihindari adalah produk susu dan biji-bijian.

Menurut D'Adamo, gluten, lentil, kacang merah, jagung, dan kubis dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Makanan yang direkomendasikan pada diet untuk golongan darah O yaitu sebagai berikut:

Protein hewani

Orang-orang dengan golongan darah O yang mengikuti diet diperbolehkan untuk mengonsumsi sebagian besar produk daging, termasuk ikan air dingin. Protein hewani yang direkomendasikan adalah daging sapi, daging kambing, daging domba, daging rusa, ikan kod, ikan ikan kembung, ikan salmon, ikan sardin, ikan makerel, dan ikan haring.

Susu, yogurt dan telur merupakan makanan yang harus dihindari, namun beberapa protein hewani turunan masih dapat sesekali dikonsumsi, yaitu susu kedelai, mentega, keju seperti keju feta, mozzarella, dan keju kambing.

Sedangkan pantangan makanan bagi diet golongan darah O antara lain daging babi, termasuk ham dan bacon, serta daging unggas seperti angsa. Larangan ini juga berlaku untuk beberapa jenis ikan seperti ikan lele, kaviar, gurita, dan keong.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein dan lemak sehat. Kacang dan biji yang paling bermanfaat untuk diet ini yaitu kacang aduke, kadang azuki, kacang pinto, kacang polong bermata hitam. Kacang lainnya juga menjadi rekomendasi seperti kacang kenari, kacang hazelnut, kacang almond, makadamia, wijen, dan biji bunga matahari.

Ilustrasi kacang-kacangan untuk camilan diet (Freepik/KamranAydinov)

Biji-bijian

Sebagian besar biji-bijian harus dihindari pada diet golongan darah O. Hanya beberapa jenis biji-bijian, seperti jagung, gandum, soba, beras, millet, beras putih, beras merah, quinoa, buckwheat, kamut, kasha, jawawut, gandum hitam, dan roti yehezkiel (terbuat dari barley) yang dapat bermanfaat dan ditoleransi dalam diet golongan darah O.

Sayuran

Sayuran yang direkomendasi dalam diet golongan darah ini adalah tomat, artichoke, chicory, bawang putih, lobak pedas, okra, peterseli, lobak, paprika merah, ubi jalar, labu, lobak, pokchoy, timun, asparagus, cabai rawit, peterseli dan rumput laut.

Sementara sayuran yang harus dihindari berasal dari golongan brassica, seperti kubis, kembang kol, sawi, dan brussel.

Buah-buahan

Beberapa buah yang direkomendasikan untuk orang dengan golongan darah O antara lain buah plum, buah ara, jeruk bali, buah tin, biji cokelat dan buah berry.

Rempah-rempah dan bumbu

Rempah-rempah yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang mengikuti diet ini meliputi bumbu berbasis rumput laut, garam beryodium, kunyit, bumbu kari, dan madu.

Minyak

Untuk keperluan memasak, pemilik golongan darah O dapat menggunakan minyak biji rami dan olive oil atau minyak zaitun sebagai pilihan minyak terbaik. Selain itu dapat pula menggunakan minyak wijen, minyak canola, dan minyak ikan kod namun tetap dibatasi penggunaannya. Sementara jenis minyak yang sebaiknya dihindari adalah minyak jagung.

Meski hingga kini masih belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung hubungan golongan darah dengan kondisi kesehatan seseorang, namun daftar makanan diet golongan darah O ini diharapkan bisa membantu menjalankan pola hidup sehat.

Pemilihan makanan yang teliti dan pengolahan makanan yang baik dapat membentuk gaya hidup yang teratur. Ditambah pemilihan olahraga yang sesuai menyokong maksimalnya kerja diet pada golongan darah O. Selamat mencoba.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi