5 Rekomendasi Makanan Mengandung Prebiotik untuk Menjaga Kesehatan Usus Anak

| 16 Feb 2024 09:01
5 Rekomendasi Makanan Mengandung Prebiotik untuk Menjaga Kesehatan Usus Anak
Makanan mengandung prebiotik (Pexel/Kio)

ERA.id - Makanan yang mengandung prebiotik sangat dibutuhkan oleh anak agar kesehatan usus terjaga dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan mengandung prebiotik.  

Dilansir dari Eatingwell, prebiotik merupakan sumber makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik), yang bisa membantu kerja usus. Lalu apa saja makanan mengandung prebiotik yang baik untuk anak? Simak daftarnya berikut ini.

1. Pisang

Buah yang satu ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Pisang mengandung sejenis serat prebiotik yakni inulin, yang bisa membantu pertumbuhan bakteri baik di usus.

2. Yogurt

Makanan mengandung prebiotik yogurt (Pexel/Karolina Grabowska)

Yogurt merupakan makanan paling umum yang mengandung prebiotik. Yogurt dibuat dari susu difermentasi yang memang menghasilkan bakteri baik, sehingga jika dikonsumsi rutin akan meningkatkan kesehatan pencernaan anak.

3. Oats

Oats atau gandum adalah makanan sehat dengan sumber serta baik dan mengandung prebiotik berjenis beta-glukan. Makanan ini menyehatkan usus anak dan bisa mengendalikan nafsu makan.

Gandum bisa diberikan kepada anak dengan bentuk oatmeal. Agar lebih enak disantap, oatmeal juga bisa diolah dengan campuran susu dan buah.

4. Kacang-kacangan

Berbagai makanan jenis kacang mulai dari buncis, kacang hitam, hingga edamame merupakan sumber utama prebiotik. Makanan kategori ini mengandung jenis prebiotik galakto-oligosakarida, yang memelihara bakteri baik untuk proses pencernaan.

5. Asparagus

Asparagus termasuk sayuran yang kaya akan serat dan mengandung prebiotik jenis inulin. Dengan mengonsumsi asparagus, kesehatan penceranaan anak terjaga dan tubuh bisa mempertahankan kadar glukosa.

Tak hanya itu, asparagus juga memiliki nutrisi penting lainnya untuk anak, seperti zat besi yang baik untuk kesehatan tulang.

Rekomendasi