Benarkan Minum Obat Hipertensi Bisa Merusak Ginjal? Begini Kata Dokter

| 25 Feb 2024 12:06
Benarkan Minum Obat Hipertensi Bisa Merusak Ginjal? Begini Kata Dokter
Hipertensi (Pexel/ JESHOOTS.com )

ERA.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang harus terus dikontrol seumur hidup. Penderita hipertensi wajib minum obat setiap harinya agar tekanan darah tetap stabil.

Namun, minum obat hipertensi setiap hari masih sering dianggap tidak terlalu penting. Terlebih kerap muncul anggapan bahwa obat hipertensi bisa merusak fungsi ginjal jika dikonsumsi secara rutin.

Mengenai hal tersebut, spesialis penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi, dr. Djoko Wibisono, SpPD KGH, menegaskan bahwa anggapan tersebut tidak benar. Ia mengatakan bahwa obat hipertensi melindungi organ ginjal, bukan merusaknya.

"Yang merusak ginjal itu bukan obatnya tapi tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Hipertensi itu kan penyakit yang obatnya long life," kata Dokter Djoko saat ditemui di kawasan Kuningan, Jumat (23/2/2024)

Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak minum obat secara rutin bagi penderita hipertensi. Dokter Djoko juga menegaskan bahwa obat hipertensi harus diminum seterusnya agar hidup pasien tetap sehat, tidak mengalami penyakit lainnya.

"Minum obat seterusnya agar hidupnya sehat. Pasien hipertensi itu harus minum obat selamanya biar hidup yang sehat," pungkas Dokter Djoko.

Rekomendasi