7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal, Minum Air Putih Saja Belum Cukup

| 07 Mar 2024 19:15
7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal, Minum Air Putih Saja Belum Cukup
Ilustrasi menjaga kesehatan ginjal di Hari Ginjal Sedunia 2024 (Pexels)

ERA.id -  Menjaga organ ginjal tetap sehat dapat menjadi langkah penting demi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Ginjal merupakan organ penting yang fungsinya cukup krusial, mulai dari mengatur tekanan darah, mengeluarkan racun di dalam tubuh, mengatur keseimbangan cairan dan lain sebagainya. 

Jika fungsi ginjal terganggu, tentu saja berbagai masalah kesehatan dapat lebih mudah menghampiri bahkan mengancam jiwa. 

Cara sederhana menjaga kesehatan ginjal

Di Hari Ginjal Sedunia 2024 ini, tak ada salahnya jika kita memahami cara menjaga kesehatan ginjal. Menurut dr. Maria Aulia Sandjaja, Sp.PD, spesialis penyakit dalam dari Eka Hospital Bekasi, kuncinya adalah menerapkan gaya hidup sehat hingga menghindari faktor risiko yang mengganggu kinerja ginjal. 

Lantas, apa saja tipsnya? Berikut penjelasan selengkapnya, seperti disampaikan dokter Maria. 

1. Minum air yang cukup

Cara menjaga kesehatan ginjal yang utama adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Langkah ini dapat menjadi upaya paling mudah untuk menjaga ginjal tetap sehat dan fungsinya tidak terganggu. 

"Para ahli merekomendasikan untuk minum paling tidak 2 liter per hari. Minumnya sebaiknya juga air putih, ya, bukan minuman-minuman dengan gula tinggi," jelas dokter Maria dalam konferensi pers Tetap Bugar dalam Menjalani Hemodialisis, di RS Eka Hospital Harapan Indah, Bekasi, Kamis (7/3/2024).

2. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi baik untuk menjaga organ tubuh tetap bekerja secara optimal dan bebas gangguan. Kata dokter Maria, makanan bergizi itu mencakup makanan dengan nutrisi seimbang, seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak sehat hingga vitamin dari aneka sayuran dan buah-buahan. 

3. Mengurangi kandungan garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang perlu dikurangi takarannya jika ingin menjaga ginjal tetap sehat. Pasalnya, konsumsi garam berlebihan dapat memicu kenaikan tekanan darah hingga menyebabkan hipertensi. 

"Kalau kebanyakan garam, tekanan darah bisa terganggu dan ginjal kita juga bisa terpengaruh," paparnya. 

4. Hindari konsumsi obat sembarangan

Mengonsumsi obat-obatan sembarangan juga bisa membuat kinerja ginjal semakin berat. Dokter Maria menambahkan, obat-obatan apa pun, sisa metabolismenya akan disaring oleh organ hati dan ginjal. 

Ketika terlalu sering mengonsumsi obat bebas tanpa batasan, organ ginjal juga bisa kena imbasnya. 

"Konsumsi obat sembarangan itu bahaya sekali buat ginjal karena kita tidak tahu fungsinya untuk apa, kandungannya juga. Hindari sedikit-sedikit minum obat tanpa batasan," paparnya. 

5. Berhenti merokok

Kebiasaan yang satu ini juga berdampak pada kesehatan ginjal. Sebab, kandungan asap rokok lebih banyak terdapat racun-racun yang bisa mengganggu fungsi sel tubuh dan memicu peradangan hingga hipertensi. 

6. Olahraga teratur

Langkah ini termasuk pada pola hidup sehat secara keseluruhan. Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh semakin bugar dan membuat ginjal tetap sehat. 

Setiap minggu, ahli merekomendasikan agar kita bergerak aktif setidaknya 150 menit per minggu. Olahraga apa pun manfaatnya positif asalkan disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. 

7. Kontrol secara teratur

Kontrol secara teratur yang dimaksud dokter Maria ini adalah mengecek kondisi kesehatan secara berkala, terutama bagi orang dengan penyakit penyerta yang berisiko pada komplikasi ginjal. 

"Terutama pada pasien hipertensi. Kondisi kesehatan ginjal paling berpengaruh. Usahakan untuk cek kesehatannya paling tidak sebulan sekali," pungkasnya.

Rekomendasi