Tak Cukup dengan 3M, Ini Cara Mencegah DBD yang Dapat Dilakukan

| 13 Apr 2024 07:30
Tak Cukup dengan 3M, Ini Cara Mencegah DBD yang Dapat Dilakukan
Nyamuk Aides Agepti penyebab terjadinya DBD (ANTARA)

ERA.id - Seperti yang kita pahami, demam berdarah adalah penyakit yang menjangkiti seseorang karena infeksi virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Di Indonesia sendiri, demam berdarah masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang serius sebab dari tahun ke tahun jumlah kasusnya terus meningkat. Oleh sebab itu, tentunya penting bagi kita untuk memahami cara pencegahan DBD yang tepat agar terlindung dari penyakit ini.

Cara Mencegah DBD

Mengantisipasi agar diri kita tidak terpapar Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan langkah penting agar kesehatan kita dan keluarga terlindungi dari penyakit ini. Untuk mencegah terkena DBD, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Menghindari gigitan nyamuk

Melindungi diri dari gigitan nyamuk Aedes aegypti menjadi kunci utama untuk mencegah DBD. Anda bisa memanfaatkan kelambu pada tempat tidur, memasang kawat kasa pada jendela dan pintu, dan juga gunakan obat nyamuk atau semprotan insektisida di dalam rumah. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang menutupi sebagian besar tubuh saat berada di luar rumah, khususnya pada saat nyamuk aktif pada pagi dan sore hari.

Menggunakan repelen nyamuk

Ketika Anda berada di luar ruangan, sebaiknya gunakan repelen (obat anti-nyamuk) yang mengandung DEET, picaridin, atau eucalyptus oil agar diri Anda terlindungi dari gigitan nyamuk.

Menjaga kebersihan diri

Membersihkan tempat penampungan air, misalnya bak mandi dan penampungan air lainnya secara teratur, adalah cara yang juga harus dilakukan untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Pastikan juga untuk membersihkan dan menutup rapat tempat-tempat yang bisa menampung air, misalnya ember atau wadah yang lain.

Memberantas sarang nyamuk

Sebaiknya agendakan untuk mengurangi atau memberantas tempat-tempat di sekitar rumah yang berpotensi besar menjadi sarang nyamuk, misalnya genangan air, pot bunga yang berisi genangan air, maupun tempat-tempat lain yang biasa digunakan untuk menampung air hujan. Anda harus memastikan agar tempat-tempat tersebut dikuras secara teratur.

Menjaga kebersihan lingkungan

Membersihkan lingkungan sekitar rumah dari sampah-sampah yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk juga menjadi langkah penting dalam mencegah DBD. Anda harus memastikan untuk membersihkan bak mandi burung, kolam renang, atau tempat-tempat lain yang berpotensi besar menjadi sarang nyamuk.

Menggunakan kelambu atau perlindungan pribadi

Ketika memasuki waktu tidur, gunakan kelambu untuk melindungi diri Anda dari gigitan nyamuk, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah dengan tingkat penularan DBD yang tinggi. Selain itu, gunakan pakaian yang longgar dan menutupi sebagian besar tubuh saat Anda harus beraktivitas di luar rumah.

Ilustrasi fogging (Foto: Antara)

Mengikuti Program Pengendalian Nyamuk

Untuk mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti di lingkungan Anda, ikuti program pengendalian nyamuk yang diadakan oleh pemerintah setempat, seperti fogging atau penyemprotan insektisida.

Nah, dengan menjalani cara pencegahan DBD di atas secara konsisten, Anda sudah berupaya dalam membantu mengurangi risiko terkena DBD dan melindungi diri serta keluarga dari ancaman penyakit tersebut.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi