5 Kebiasaan Sehat saat Pagi untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

| 24 Jul 2024 07:30
5 Kebiasaan Sehat saat Pagi untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat
Ilustrasi kebiasaan sehat untuk menurunkan berat badan lebih cepat (Freepik)

ERA.id - Menurunkan berat badan tak hanya mengurangi porsi makan dan olahraga. Tetapi, kita juga harus memperbaiki gaya hidup, termasuk kebiasaan di pagi hari.

Meskipun pola makan dan olahraga bermanfaat dalam mengontrol berat badan, perubahan kecil dalam gaya hidup dan kebiasaan di pagi hari dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Beberapa penelitian membuktikan kebiasaan pagi hari seperti bangun dan berolahraga di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Berikut 5 kebiasaan di pagi hari yang dipercaya dapat menurunkan berat badan, seperti dilansir dari Times of India.

1.​Bangun lebih awal

Bangun tidur tidak hanya membantu mengatur berat badan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Untuk bangun pagi, kamu juga perlu tidur lebih awal. Ini mengatur siklus tidur yang penting untuk menurunkan berat badan.

Setelah menyelesaikan tidur 8 jam sehari saat bangun pagi, metabolismemu sudah siap menghadapi hari itu. Bangun pagi juga memberikan cukup waktu untuk merencanakan olahraga, menyiapkan sarapan, dan menyelesaikan tugas-tugas penting sebelum memulai hari.

2. Lakukan meditasi

Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai harimu selain melatih kesadaran. Bermeditasi selama 10-15 menit di pagi hari, menenangkan pikiran dan mempersiapkannya untuk hari yang akan datang. Di satu sisi, meditasi membantu menyalurkan energi batinmu menuju produktivitas yang lebih tinggi serta hasil yang positif.

Meditasi mengurangi stres dan kecemasan, merangsang sistem saraf parasimpatis, mengontrol detak jantung, dan meningkatkan aliran darah.

3. ​Minumlah segelas air hangat

Efek meminum segelas air hangat di pagi hari sudah diketahui semua orang. Minum air hangat di pagi hari menjaga sistem pencernaan tetap bekerja. Ini meningkatkan metabolisme. Selain melancarkan pencernaan, air hangat juga membantu meredakan hidung tersumbat dan memperbaiki sistem saraf pusat.

4. Sarapan berprotein tinggi

Sarapan adalah waktu makan pertama dan terbesar pada hari itu. Selalu disarankan untuk sarapan berat kaya protein di pagi hari agar kamu kenyang lebih lama, membantu  dalam melakukan olahraga berat, meningkatkan mood, mengatur kadar gula darah, dan secara keseluruhan akan mengaturnya.

5. Olahraga

Olahraga di pagi hari dinilai memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dilakukan di malam hari. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berolahraga dengan perut kosong membakar lebih banyak lemak.

Hal ini karena ketika berolahraga dengan perut kosong, tubuhmu harus memanfaatkan simpanan lemak yang sudah ada sebagai bahan bakar untuk berolahraga, alih-alih menggunakan makanan yang baru saja dimakan sebagai bahan bakar.

Rekomendasi