5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran Makan Sehat hingga Batasi Gula

| 11 Apr 2024 07:30
5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran Makan Sehat hingga Batasi Gula
Tips jitu menurunkan berat badan (Pexels)

ERA.id - Selesainya momen lebaran sering diikuti dengan kenaikan berat badan bagi beberapa orang. Ini terjadi karena pola makan yang kadang berlebihan saat mengonsumsi makanan khas lebaran.

Namun, tak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan pasca lebaran. Apa saja? Simak ulasan di bawah ini, yang dilansir dari Oxford Online Pharmacy.

1. Terapkan pola makan sehat

Untuk menurunkan berat badan yang mendadak naik pasca lebaran, kamu bisa memulainya dengan menerapkan pola hidup sehat. Hindari makanan olahan dan berlemak tinggi, dengan fokuslah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, dan nutrisi penting lainnya.

2. Batasi konsumsi gula

Batasi konsumsi gula, termasuk dari makanan-makanan manis. Gula tambahan yang ada dalam makanan dapat menyebabkan lonjakan gula darah, kenaikan berat badan, hingga penurunan energi.

Cobalah untuk mengonsumi buah-buahan sebagai ganti makanan manis. Kamu juga bisa menyatukan buah dan sayur menjadi segelas jus untuk mendapatkan sensasi beda ketika menyantapnya.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Air putih dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme pada tubuh. Untuk itu, minumlah air putih sebanyak 8 gelar sehari seperti yang dianjurkan, agar kadar lemak berlebih dalam tubuh juga bisa diolah dengan baik untuk menurunkan berat badan.

4. Terapkan konsep mindful eating

Mindful eating merupakan pola makan yang melibatkan kesadaran. Artinya ketika makan, kunyahlah secara perlahan dan secara sadar memperhatikan apa saja yang telah dimakan dan berapa banyak.

Dengan menerapkan konsep ini, kamu akan terhindar dari makan terlalu banyak dan akan berhenti sebelum kenyang. Ini membuat berat badan dapat dikontrol kembali.

5. Olahraga

Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah olahraga. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah latihan cardio, seperti lari, jogging, bersepeda, jalan cepat.

Lakukan olahraga cardo minimal 30 menit sehari, sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Latihan ini membantu pembakaran lemak yang ada dalam tubuh.

Rekomendasi