Peringati Hari Anak, Pentingnya Kegiatan Peduli Anak di Masa Pandemi

Tim Editor

Ilustrasi peringatan Hari Anak di masa pandemi (Dok. SOS Children’s Villages Indonesia)

ERA.id - Pandemi COVID 19 memiliki dampak jangka pendek dan jangka panjang bagi anak-anak. Lebih dari 82 persen pelajar atau 1.54 miliar anak di seluruh dunia tidak bisa pergi ke sekolah karena COVID 19. 

Mengamati situasi ini, SOS Children’s Villages Indonesia ikut bergerak. Lebih dari 5.500 anak yang diasuh SOS dan dari keluarga rentan dampingan menjadi perhatian utama dalam kondisi krisis pandemi ini. SOS Children’s Villages berkomitmen untuk memastikan semua hak-hak mereka terpenuhi. Saat ini mereka membutuhkan bantuan dan perhatian bahkan lebih besar daripada sebelumnya.

Sejak awal bulan Juli 2020, telah dirancang rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Anak Nasional dengan mengusung tagline “Anak Indonesia adalah Anak Kita”dan hastag#TogetherforChildren #NoChildAlone. 

SOS Children’s Villages ingin mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa masih banyak anak-anak yang terpinggirkan hak-haknya, terutama di tengah pandemi ini semakin besar jumlah anak yang rentan.

"Sebagai orang dewasa, kita harus bersama-sama memastikan bahwa tidak ada anak yang hidup tumbuh kembang sendirian. Selama sebulan penuh, SOS Children’s Villages melibatkan seluruh masyarakat, dan tentunya anak-anak, untuk terlibat langsung dalam rangkaian acara ini," kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.

SOS Online Class memberikan kesempatan kepada tokoh masyarakat dan praktisi untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka kepada anak-anak sehingga dapat menambah ilmu baru dan menjaga produktivitas anak-anak. Salah satunya dari klub bola Persita yang berbagi pengalaman.

Live Talks di Instagram juga secara rutin dilakukan dengan topik yang berhubungan dengan pemenuhan hak anak. Anak-anak dalam pengasuhan SOS juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan diri mereka dengan melakukan Children Take Over Instagram.

Para mitra korporasi juga diajak berkumpul mendiskusikan pemenuhan hak remaja di kegiatan Virtual Gathering, dan terakhir masyarakat bisa berlari sejauh 2,3 kilometer sambil berbagi lewat kegiatan Run For Children.

Orang dewasa atau punanak-anak dapa langsung mendaftar dan memilih kado yang diberikan untuk anak Indonesia lewat aplikasi 99 Virtual Race. SOS juga secara berkelanjutan terus-menerus menyuarakan isu-isu anak yang patut menjadi perhatian di tengah pandemi yang kemudian dilanjutkan pemaparan solusi tentang hal-hal yang dikerjakan SOS bagi ribuan anak dan keluarga rentan.

Melalui rangkaian acara ini, SOS Children’s Villages berharap agar anak-anak bisa menyuarakan aspirasi mereka, belajar, berpartisipasi, hingga mengasah kreativitas untuk tumbuh kembangmereka. Selamat Hari Anak Nasional.

Tag: tumbuh kembang anak

Bagikan: