Berikut Manfaat Morning Sex untuk Memulai Hari Lebih Greget

| 10 Aug 2020 10:02
Berikut Manfaat Morning Sex untuk Memulai Hari Lebih Greget
Ilustrasi pasangan (Foto: Unsplash/Becca Tapert)

ERA.id - Aktivitas yang kerap dilakukan usai bangun tidur adalah olahraga, sarapan, dan mandi. Supaya lebih berwarna untuk mengawali hari, kamu bisa menambahkan list morning sex di dalam jadwal harianmu. 

Sebagian orang menganggap morning sex sedikit kurang wajar, sebab aktivitas yang satu ini sering dilakukan di malam hari. Namun kenyataannya, banyak sekali manfaat yang didapat saat melakukan seks di pagi hari. Dilansir dari Healthline pada Senin (10/8), berikut manfaat dari morning sex

1. Tubuh siap melakukannya

Pagi adalah waktu yang tepat untuk bercinta, karena sebenarnya tubuhmu sudah siap untuk itu. Itu karena kadar estrogen dan testosteron berada pada puncaknya selama ini. Mengapa hal itu penting? Penelitian tahun 2013 menemukan bahwa libido dipengaruhi oleh kadar hormon. Hal ini berarti semakin tinggi, maka semakin besar juga libido yang dirasakan.

2. Pasangan bertahan lebih lama

Bicara soal hormon, semakin banyak testosteron, semakin baik seks yang dirasakan. Kadar tingkat testosteron yang tinggi akan meningkatkan libido pasangan dan meningkatkan fungsi seksual. Studi di tahun 2007, menemukan bahwa kadar testosteron yang lebih tinggi dapat meningkatkan kekuatan ereksi.

3. Mengeluarkan oksitosin atau "hormon cuddle"

Sensual couple having sex, woman embracing lover lying on bed Free PhotoIlustrasi pasangan (Foto: Freepik/yanalya)

Seks pagi bisa mendekatkanmu dan pasangan lebih dekat. Seks menghasilkan oksitosin, juga dikenal sebagai "hormon cuddle". Oxytocin adalah zat kimia di otak yang mengontrol rasa cinta dan ikatan. Sehingga ketika mulai berhubungan seks, kamu akan merasa lebih dekat dengan pasanganmu.

4. Penghilang stres

Jika kamu ingin menghilangkan rasa stressmu, kamu bisa berhubungan seks pada pagi hari. Satu studi 2010 menemukan bahwa aktivitas yang menyenangkan dapat mengurangi kadar hormon stres. Itu berarti, klimaks terjadi sebelum memulai hari dapat membuatmu dalam mood baik untuk seharian.

5. Melepaskan endorfin

Seks pagi hari menghasilkan endorfin, bahan kimia penghilang rasa sakit ajaib dalam tubuhmu yang membantu meningkatkan suasana hati. Itulah mengapa kamu biasanya merasa lebih bahagia setelah mencapai klimaks. 

6. Olahraga kecil

Waspada 8 Penyebab Perdarahan akibat Hubungan Seks saat KehamilanIlustrasi pasangan (Foto: Unsplash/Andrea Bertozzino)

Berhubungan seks di pagi hari mungkin tidak sama dengan berlari di treadmill selama satu jam. Tetapi tetap saja kamu menggerakan tubuhmu. Menurut penelitian dari Harvard Medical School, seks bisa membakar sekitar lima kalori per menit, itu sama dengan berjalan-jalan. 

7. Melatih otak 

Jika kamu ingin meningkatkan kekuatan otakmu, seks di pagi hari adalah jawabannya. Berbagai penelitian menunjukkan menyibukkan diri bisa melepaskan neurotransmitter dan hormon lainnya, khususnya dopamin, hormon perasaan senang yang bermanfaat bagi kesehatan otak dan kognisi.

8. Meningkatkan sistem kekebalan 

Vitamin C memberikan nutrisi untuk menambah sistem kekebalan, begitu juga dengan seks di pagi hari. Studi di tahun 2015 menemukan bahwa seks dapat meningkatkan kekebalan imun dengan memicu pertahanan alami tubuh terhadap bakteri, virus, dan kuman lainnya.

Tags : seks
Rekomendasi