Ini Manfaat 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Praktis dan Higienis, Valid No Debat

| 15 Jul 2020 16:05
Ini Manfaat 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Praktis dan Higienis, Valid No Debat
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Mencuci tangan dengan sabun harus menjadi kebiasaan bagi diri sendiri dan keluarga. Tahukah kamu? Sekitar 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan kita sendiri. Menjaga kebersihan tangan salah satu upaya terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat mencuci tangan begitu besar. 

“Cuci tangan pakai sabun atau handrub hanya membutuhkan waktu 15 detik. Ini sangat berguna untuk membunuh kuman,” terang Novita Simbolon, Infection Prevention & Control Nurse (IPCN) Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kotoran. Si tangan juga digunakan untuk memegang dan memasukan makanan atau minuman ke dalam mulut. Menjaga kebersihan tangan baik di kantor, sekolah, atau dimanapun merupakan hal yang sangat penting jika ingin terhindar dari sakit.

Salah satu upaya efektif menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Manfaat mencuci tangan ada banyak. Anda bisa mempraktikan cara mencuci tangan secara teratur dan mengajak orang-orang sekitar untuk juga melakukannya.

Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit. Banyak manfaat mencuci tangan yang sayang jika kita abaikan.

Inilah 6 Langkah Cuci Tangan pakai Sabun yang Benar 

- Mulailah membasuh tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu gunakan sabun cuci tangan ke telapak tangan Anda secukupnya. Rekatkan antara tangan kanan dan tangan kiri Anda. 

- Setelah itu posisikan telapak tangan kanan Anda di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Biasanya bagian ini sering luput dari perhatian karena mayoritas orang hanya mencuci telapak tangan.

- Telapak dengan telapak dan sela-sela jari juga harus dibersihkan dengan sabun. Usapkan sabun pada seluruh sela-sela jari hingga berbusa. Bagian jari yang satu ini kerap menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri usai beraktivitas.

- Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, agar lebih merata ke seluruh bagian tangan.

- Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya.

- Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan dan sebaliknya.

Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun? 

Hingga saat ini masih banyak orang yang bertanya-tanya. Benarkah tangan yang kotor bisa menimbulkan penyakit?

Anda harus mengetahui jawabannya supaya Anda tak ragu memulai kebiasaan cuci tangan sejak hari ini. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda lain.

Anda pasti kerap memegang banyak benda ketika berada di transportasi umum, kantor, taman, atau tempat lainnya. Tak jarang pula Anda berinteraksi dengan orang lain melalui sentuhan tangan. Padahal Anda tak tahu persis mengenai jumlah kotoran atau kuman yang sudah menempel pada tangan Anda.

Jika Anda membiarkan hal ini tanpa melakukan 6 langkah cuci tangan yang benar, kemungkinan besar Anda akan mudah terserang penyakit.

Sebab, Anda akan menggunakan tangan kotor untuk makan atau memegang bagian tubuh lain seperti mata, hidung, dan mulut. Kotoran dan kuman pun semakin mudah masuk ke tubuh kalau tangan Anda selalu kotor.

Sayangnya, masih banyak orang yang enggan mencuci tangan dengan cara yang benar. Departemen Kesehatan Florida bahkan menyatakan bahwa 4 dari 5 orang yang baru selesai menggunakan toilet biasanya tidak mencuci tangan dengan benar.

Hal ini tentu mengakibatkan penyebaran kotoran dan kuman penyakit semakin parah. Anda harus bisa mengakhiri penyebaran tersebut melalui cara mencuci tangan yang benar, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat cuci tangan semaksimal mungkin.

Tags : kesehatan
Rekomendasi