Gemar Cium Kaus Kaki Bekas Pakai, Peng Akhirnya Masuk Rumah Sakit

Tim Editor

Ilustrasi kaus kaki

ERA.id - Biasanya kaus kaki tak sedap tak sengaja dicium oleh penggunanya. Beda dengan lelaki yang hidup di China ini. Dengan sengaja, ia menciumi kaus kakinya yang sudah berbau tak sedap. Hasilnya, ia masuk rumah sakit. Kok bisa?

Pria yang dimaksud adalah Peng, berusia 40 tahun. Ia masuk rumah sakit pada 2018 lalu, sewaktu umurnya 37. Dalam laporan media China dilansir dari Sciencealert, Peng mengembangkan kebiasaan aneh mengendus kaus kaki kotor dan usangnya setiap hari, selepas ia bekerja.

Mungkin itu aneh. Tapi bagi Peng? Walau ia menganggap itu biasa saja, namun pada akhirnya ia harus tahu, kalau kebiasaannya membawa mudarat bagi hidupnya.

Peng, yang tinggal di kota Zhangzhou di Provinsi Fujian, Tiongkok, akhirnya dirawat di rumah sakit karena sakit dada yang parah, dadanya terasa sesak saat bernapas, dan juga batuk.

Dokter lala merawat Peng dengan dugaan kasus awal: Pneumonia. Setelah gejala berlanjut kondisinya tidak membaik. Katra dokter, Peng telah mengembangkan infeksi jamur yang serius di paru-parunya.

Baru kemudian ketika dokter mewawancarai kembali Peng, mereka mengetahui tentang ritual mengendus kaus kaki hariannya, dan menyadari diagnosis penyakit jamur paru-paru mungkin disebabkan oleh menghirup spora jamur yang tertanam di serat lembap kaus kaki kotornya.

Peng mengaku kepada dokter bahwa dia telah menjadi "kecanduan mencium kaus kaki yang dia pakai", dan meskipun sulit untuk membuktikan bahwa kebiasaan anehnya adalah sumber pasti dari infeksi dadanya, dokter menyimpulkan bahwa itu adalah penjelasan yang paling masuk akal--diperburuk oleh kurang tidur yang mungkin telah membahayakan kekebalannya.

"Infeksi juga dapat dikaitkan dengan kurangnya istirahat pasien di rumah karena dia [telah] merawat anaknya, yang menyebabkan sistem kekebalan yang lebih lemah," salah satu dokternya, Mai Zhuanying dari Rumah Sakit 909 Zhangzhou, menjelaskan kepada Pear Video.

Setelah laporan media tentang infeksi tersebut menjadi viral di situs sosial Tiongkok, Weibo. Jelaslah bahwa Peng bukan satu-satunya yang memiliki kecenderungan menyimpang untuk mengendus kaus kaki. "Oh, tidak! Mungkin aku harus berhenti mengendus kaus kakiku setelah memakainya seharian penuh!" seorang pengguna berkomentar.

Tag: china rumah sakit cium kaus kaki

Bagikan: