Picu Pemanasan Global, Begini Cara Mengedukasi Anak Mengurangi Sampah Makanan

| 18 Mar 2021 09:05
Picu Pemanasan Global, Begini Cara Mengedukasi Anak Mengurangi Sampah Makanan
Ilustrasi membuang makanan (Foto: Freepik)

ERA.id - Permasalahan sampah makanan sudah menjadi isu global yang harus diperhatikan. Sampah makanan dalam jumlah besar juga berkontribusi terhadap pemanasan global. 

Maka dari itu, kita harus bisa mengurangi limbah sampah makanan seminim mungkin. Sebagai orangtua, kamu juga bisa mendidik anak cinta lingkungan dan mulai ajarkan anak untuk mengurangi sampah makanan. Dengan memberikan edukasi yang menyenangkan dan berbeda, sang anak jadi merasa tak bosan. Sehingga, sang anak menangkap informasi dengan seakurat mungkin.

"Pada dasarnya memberikan edukasi butuh cara-cara menarik harus dengan cara fun untuk anak-anak, karena mereka mendapatkan informasi tidak secepat tangkap orang dewasa," ungkap Muhammad Fahrian Yovantra, Head of Program Greeneration Foundation melalui acara virtual media briefing dalam peluncuran buku buku cerita anak-anak berjudul ‘BANA - Si Pisang Berjalan-Jalan’ via Zoom pada Rabu (17/3/2021).

Dengan membiasakan menghabiskan makanan, cara itu menjadi langkah utama untuk mengurangi limbah sampah makanan.

"Membiasakan dengan menghabiskan makanan, kebiasaan ini harus dipertahankan apalagi generasi kita," papar Muhammad Fahrian Yovantra.

Selain itu, sisa makanan juga bisa dijadikan kompos atau diberikan hewan peliharaan, seperti ayam.

"Selain literasi dan menghabiskan sisa makanan, meski ada sisa makanan bisa dimanfaatkan kompos makanan hewan dan lain-lain," ujar Muhammad Fahrian Yovantra.

Rekomendasi